Olahan Daging Kambing Khas Jawa Tengah Ini Perlu Banget Kamu Coba!

Olahan Daging Kambing Khas Jawa Tengah Ini Perlu Banget Kamu Coba!
Tengkleng kambing (satepakcoyoparangteritis.blogspot.com)

Melimpahnya daging selama Hari Raya Iduladha sering kali membuat tangan "gatal" untuk bereksperimen dengan masakan berbahan daging. Hm, kamu juga? Kalau iya, Jawa Tengah punya pelbagai olahan daging khas yang perlu banget kamu coba, lo!

Inibaru.id – Hari Raya Iduladha menjadi berkah tersendiri bagi umat muslim, khususnya bagi mereka yang kurang mampu. Selama beberapa hari ke depan, persediaan daging kambing di rumah sebagian warga akan menumpuk. Kalau hanya diolah menjadi satu jenis masakan, lidahmu mungkin bosan dengan rasa yang itu-itu saja.

Nah, supaya nggak bosan, kamu bisa mengolah daging tersebut menjadi beberapa jenis masakan. Masakan-masakan khas Jawa Tengah ini boleh banget kamu coba, lo! Apa saja?

  1. Tengkleng Solo

Tengkleng (primarasa.co.id)

Berkunjung ke Solo nggak lengkap rasanya kalau belum menyantap tengkleng. Masakan satu ini memanfaatkan seluruh bagian kambing, mulai dari daging, tulang, hingga jeroan.

Walau menggunakan jenis bumbu yang banyak dan waktu memasaknya lumayan lama, rasa yang kamu dapatkan sebanding kok. Aneka rempah yang digunakan dalam masakan ini menghasilkan rasa yang gurih dan sedap. Ditambah penggunaan santan, makin nikmat pula kuahnya.

  1. Gecok Tuntang

Gecok Tuntang (saliha.id)

Sebagian orang mungkin kurang familiar dengan nama masakan Jawa Tengah yang satu ini. Biar tahu seperti apa rupa dan rasanya, kamu bisa mencoba memasak daging kambingmu menjadi makanan ini.

Konon, pembuatan gecok terinsipirasi dari jamu. Yap, nggak mengherankan kalau beberapa rempah dan bumbu yang digunakan untuk makanan ini juga menjadi bahan jamu, misalnya jahe, kunyit, adas, kapulaga, dan lain-lain.

Seperti tengkleng, gecok memanfaatkan seluruh bagian tubuh kambing. Menyantap gecok dipercaya bisa meningkatkan stamina, lo, Millens. Jadi, nggak salah kalau kamu menikmatinya setelah seharian lelah membagikan daging kurban.

  1. Petis Runting

Petis Runting (orleansfirewire.com)

Hidangan khas Kabupaten Pati ini memiliki kuah agak kehitaman. Sekilas, tampilannya mirip rawon, tapi warna hitam ini sebenarnya berasal dari kecap. Dari segi rasa, petis runting hampir menyerupai gulai kambing.

Yang menarik dari masakan ini adalah penggunaan tepung beras yang disangrai bersama daging kambing. Rasanya gurih. Ditambah daun jeruk, petis runting bakal berasa tambah segar!

Selain tiga masakan itu, tentu masih ada banyak makanan lain yang dibuat dari kambing seperti gulai kambing bustaman, satai kambing batibul asal Tegal, dan satai buntel khas Solo. Hm, malah jadi bingung, ya? Ha-ha. (IB15/E03)