Daftar Sayuran yang Ditanam di Luar Angkasa, Kamu Berani Coba?

Daftar Sayuran yang Ditanam di Luar Angkasa, Kamu Berani Coba?
Sayuran yang tumbuh di luar angkasa, tepatnya di Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS). (NASA-Twitter/ISS_CASIS)

Ada sayuran yang ditanam di luar angkasa. Para astronaut sengaja menanamnya untuk penelitian jangka panjang. Kalau bisa dimakan, kamu berani coba?

Inibaru.id – Sayuran umumnya ditanam di tanah. Namun, teknologi membuatnya bisa ditanam di air, yang disebut hidroponik. Beberapa sayuran saat ini juga mulai dikembangkan di atas media tanam lain seperti arang, hidroton, atau serat kayu. Namun, bisakah sayuran ditanam di luar angkasa?

Jawabannya, bisa! Penanaman sayuran-sayuran ini dilakukan oleh para astronaut dan peneliti dari NASA, tepatnya di Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS). Selama hidup di ISS, para astronaut ini juga butuh makanan. Nah, kalau hanya mengandalkan bekal, tentu dikhawatirkan bisa habis.

Karena alasan inilah para astronaut ini mengembangkan pertanian sayur di pesawat luar angkasa. Diharapkan, hal ini bisa membantu persediaan makanan untuk misi perjalanan luar angkasa yang lebih jauh, seperti ke Mars, misalnya.

Nah, sayuran apa saja yang sudah berhasil ditanam di luar angkasa? Berikut adalah daftar-daftarnya!

Lobak

Lobak di ISS. (NASA-Twitter.com/universal_sci)
Lobak di ISS. (NASA-Twitter.com/universal_sci)

Astronaut NASA Kate Rubins menunjukkan lobak yang berhasil dia panen di Advanced Plat Habitat (APH), ISS, pada Desember 2020. Lobak yang dipanen ini kemudian diberi nama Plant Habitat-02 (PH-02). Menurut keterangan Rubins, itu adalah kali pertama lobak dipanen di luar angkasa.

Lobak jadi sayuran yang dipilih untuk ditanam di luar angkasa karena usia panennya yang cenderung singkat, yakni hanya 27 hari. Cara menanamnya juga nggak ribet.

Kubis

Kubis Tokyo Bekana yang tumbuh di luar angkasa. (NASA - Zeenews.india.com)
Kubis Tokyo Bekana yang tumbuh di luar angkasa. (NASA - Zeenews.india.com)

Pada 2017 lalu, juga di ISS, astronaut Peggy Whitson berhasil memanen kubis Jepang (Tokyo Bekana). Sayuran ini dianggap bisa jadi solusi asupan serat bagi para astronaut yang bosan dengan makanan kalengan selama tinggal di sana.

Selada dan Mustard

Mustard, sayuran yang bisa tumbuh dan dipanen di ISS. (NASA-Twitter/ISS_CASIS)
Mustard, sayuran yang bisa tumbuh dan dipanen di ISS. (NASA-Twitter/ISS_CASIS)

Awal Februari 2021 ini, astronaut NASA Mike Hopkins berhasil melakukan transplantasi sayuran berupa mustard dan selada. Dia menanam Mustard Greens di media tanah liat yang diberi pupuk. Untuk selada, medianya hanya tanah liat yang nggak diberi pupuk.

Jenis selada yang tumbuh dengan baik meski lambat adalah Romain merah serta Dragoon Lettuce. Hopkins menyebut, ada juga sayuran pok choi yang sedang menunggu untuk dipanen.

Sayuran-sayuran ini bisa diolah sedemikian rupa agar bisa dikonsumsi para astronaut. Sebagai contoh, mustard dan selada yang baru-baru ini dipanen kabarnya sangat nikmat untuk dijadikan salad.

Kalau kamu yang jadi astronaut, berani nggak makan sayuran yang tumbuh di luar angkasa, Millens(Cnn/IB09/E03)