Cumi Asin Cabai Hijau, Sajian Sedap untuk Menggugah Selera Sahurmu

Bagi sebagian orang, makan pada waktu sahur bukanlah hal mudah. Butuh mood dan usaha lebih biar nggak malas. Nah, menu sahur yang testy dan mudah dikunyah tentu akan menggugah keinginan kita menyantap menu sahur, misalnya dalam sajian Cumi Asin Cabai Hijau. Seperti apa?

Cumi Asin Cabai Hijau, Sajian Sedap untuk Menggugah Selera Sahurmu
Cumi asin cabai hijau (resepkoki.id)

Inibaru.id - Seafood adalah makanan yang umumnya mengandung protein cukup tinggi. Ini bagus dikonsumsi untuk mengawali puasa Ramadanmu sebagai menu sahur karena akan membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, kondisi fisikmu juga besar kemungkinan bakal lebih terjaga dengan mengonsumsi makanan tersebut.

Salah satu menu seafood yang pasti bakal menarik untuk dijadikan menu sahur adalah cumi-cumi. Binatang laut tak bertulang belakang itu bisa dimasak dalam pelbagai bentuk, salah satunya Cumi Asin Cabai Hijau. Pernah mencobanya, Millens?

Cumi asin cabai hijau yang dipadukan dengan terung ungu. (primarasa.co.id)

Tekstur cumi yang kenyal, empuk, dan gurih saat dimasak tentu akan kian sedap saat dimasak dengan cita rasa asin berpadu dengan cabai hijau dan tomat hijau yang renyah segar. Hm, bikin ngiler!

Nggak hanya enak, menu satu ini juga termasuk gampang dibuat dan nggak butuh waktu lama untuk membuatnya. Penasaran? Resep cumi asin cabai hijau yang dilansir dari resepkoki.id (24/2/2017) ini mungkin bisa kamu praktikkan sendiri.

Bahan-bahan:

  • 1/4 kg cumi asin, cuci;
  • 7 butir bawang merah, iris;
  • 3 siung bawang putih, iris;
  • 7 buah cabe hijau, iris serong;
  • 4 buah tomat hijau, belah jadi empat;
  • 2 sentimeter jahe, iris;
  • 2 sentimeter lengkuas, memarkan;
  • 3 lembar daun salam;
  • 2 sendok makan saos tiram;
  • 1 sendok makan kecap manis;
  • 1/2 sendok teh garam;
  • 200 mililiter air;
  • Minyak untuk menumis.

Cumi asin yang dimasak dengan cabai hijau. (royco.co.id)

Cara membuat:

  1. Cuci cumi asin hingga bersih, lalu rebus dengan air secukupnya dalam panci hingga mendidih. Angkat dan tiriskan.
  2. Ganti air dengan yang baru dan rebus kembali cumi hingga mendidih beberapa saat dan cumi mengembang serta lunak. Angkat dan tiriskan.
  3. Buang atau cabut tulang lunak cumi. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, jahe, lengkuas, dan daun salam hingga wangi.
  5. Masukkan saos tiram, kecap manis, dan cumi asin, aduk hingga rata.
  6. Masukkan air dan garam. Aduk dan masak sampai air menyusut. Angkat.
  7. Siap disajikan.

Kenapa cuminya direbus hingga dua kali? Ini bertujuan agar tekstur cumi empuk dan air rebusan menjadi bersih. Selain itu, semakin lama direbus, rasa asin cumi juga bakal berkurang.

Hasil akhir Cumi Asin Cabai Hijau. (ibnucookies.blogspot.com)

Perlu kamu tahu, untuk memasak cumi asin kering, kamu harus merendam cumi di air dingin selama beberapa jam sampai lunak sebelum dimasak. Jangan menggunakan air panas, karena justru akan membuat cumi menjadi alot. Setelah lunak, remas-remas perlahan cumi, lalu bilas hingga bersih dengan air minimal dua kali.

Oya, bagi kamu pencinta pedas, kamu dapat menambahkan beberapa iris cabai rawit pedas ke dalam tumisan agar lebih enak, pedas dan maknyus. Terus,  kamu juga bisa menambahkan petai ke dalam masakan agar lebih sedap.

Sajikan menu ini dengan nasi hangat, dijamin makan sahurmu bakal lebih banyak! Ha-ha. (IB05/E03)