Corona Jadi Nama Kurma, Berikut Manfaat Buah Ini Jika Dikonsumsi di Bulan Puasa

Corona Jadi Nama Kurma, Berikut Manfaat Buah Ini Jika Dikonsumsi di Bulan Puasa
Kurma memiliki banyak manfaat. (Rawpixel/iStockphoto)

Di Mesir, corona ternyata dijadikan nama jenis kurma, lo. Buah ini juga sudah mulai banyak diburu masyarakat menjelang bulan Ramadan. Seperti apa sih manfaat mengonsumsinya di bulan puasa?

Inibaru.id – Pandemi corona masih menjadi sumber ketakutan bagi sebagian populasi di seluruh dunia. Hanya, warga Mesir justru memilih untuk menjadikannya nama dari salah satu jenis kurma. Harga kurma berjenis Corona ini adalah 25 Pound Mesir atau sekitar Rp 25 ribu per kilogram.

Usut punya usut, penamaan ini ternyata disebabkan oleh kebiasaan masyarakat Mesir yang selalu mengganti nama jenis kurma setiap tahunnya, khususnya menjelang bulan Ramadan. Di tahun-tahun sebelumnya, ada jenis kurma yang dinamai diva pop Shakira dan Mohamed Aboutrika, mantan bintang Timnas sepak bola Mesir.

Penamaan ini dianggap bisa menarik perhatian pelanggan dan membuat jualan para pedagang laris. Mengingat pandemi virus yang juga disebut sebagai Covid-19 ini masih menjadi pembahasan yang hangat, maka penjual kurma di Mesir ini pun memilih corona menjadi nama kurma tahun ini.

Manfaat Makan Kurma di Bulan Ramadan

Kurma sangat identik dengan bulan Ramadan. Tak hanya mudah ditemukan di supermarket, kurma juga bisa ditemukan di masjid-masjid, khususnya menjelang berbuka puasa.

Berikut berbagai macam manfaat buah yang berasal dari Timur Tengah dan rasanya manis legit ini.

Rasa Haus Jadi Berkurang

Kurma bisa kurangi rasa haus. (Shutterstock)<br>
Kurma bisa kurangi rasa haus. (Shutterstock)

Kurma memiliki kandungan mineral yang tinggi. Mineral ini mampu membuatmu jadi nggak cepat merasa haus saat puasa. Caranya, konsumsilah kurma ketika sedang sahur. Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk mengonsumsinya sebanyak tiga biji.

Meminimalkan Rasa Lapar

Kenyang lebih lama dengan memakan kurma. (Lifepal)<br>
Kenyang lebih lama dengan memakan kurma. (Lifepal)

Serat dan gula alami adalah dua kandungan utama yang dimiliki kurma. Keduanya ternyata bisa membuatmu cepat merasa kenyang. Keberadaan serat yang tinggi bisa membuat pelepasan glukosa menjadi lebih lambat sehingga perut tidak akan mudah lapar saat berpuasa. Selain itu, jika dikonsumsi saat berbuka, akan membantu kita menurunkan asupan kalori berlebih.

Sumber Energi Cadangan

Glukosa yang terkandung dalam kurma berikan cadangan energi. (Shutterstock)<br>
Glukosa yang terkandung dalam kurma berikan cadangan energi. (Shutterstock)

Penurunan kadar gula darah secara drastis menjadi hal yang sering dialami orang yang sedang berpuasa. Hal ini biasanya ditandai dengan tubuh yang lemas dan gemetar. Pemicunya adalah perubahan pola makan dan berkurangnya asupan nutrisi. Dengan mengkonsumsi buah kurma, kandungan serat dan gula alami yang ada di dalamnya akan membantu menjaga level energi tubuh agar tidak mudah anjlok saat berpuasa.

Mengembalikan Energi dengan Cepat

Kurma dapat kembalikan energi dengan cepat. (Hellosehat)<br>
Kurma dapat kembalikan energi dengan cepat. (Hellosehat)

Makanan yang mudah dicerna sangat disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka. Kurma termasuk dalam makanan tersebut. Tak hanya enak, kurma bisa segera mengembalikan energi dengan cepat. Kita pun bisa segera menghilangkan rasa lapar setelah seharian tak mengonsumsi makanan dan minuman apapun.

Mempersiapkan Pencernaan Saat Berbuka

Mengkonsumsi kurma bersama-sama lebih nikmat. (Maskulin)<br>
Mengkonsumsi kurma bersama-sama lebih nikmat. (Maskulin)

Setelah seharian kosong karena berpuasa, perut tentu akan kaget jika kamu langsung mengisinya dengan makanan berat. Demi menghindari sakit perut, konsumsilah kurma terlebih dahulu yang bisa membuat perut mulai melancarkan fungsinya kembali sekaligus mencegah gangguan lambung.

Sudah tahu manfaat baik kurma kan, Millens. So, siapkan kurma di mejamu selama Ramadan ya! (Lip/MG26/E07)