Renyah, Gurih, dan Bikin Nagih, Wader Goreng di RM Muncul Jaya Ungaran

Renyah, Gurih, dan Bikin Nagih, Wader Goreng di RM Muncul Jaya Ungaran
Tampilan Wader Goreng di RM Muncul Jaya Ungaran. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Mengusung tema tradisional Jawa menjadikan RM Muncul Jaya memiliki aneka masakan Jawa yang jarang dijumpai di restoran lain. Salah satu menu yang menjadi favorit pengunjung adalah wader goreng yang super renyah.

Inibaru.id -  Wader merupakan sejenis ikan kecil yang hidup di sungai dengan air yang jernih. Ikan ini sudah jarang ditemui, terlebih di daerah perkotaan. Nah, di RM Muncul Jaya ini, ikan wader didapatkan dari daerah Rawa Pening Semarang.

Ikan ini biasanya digoreng dengan tepung. Namun, RM Muncul Jaya menyajikan dengan cara yang berbeda, yakni hanya ikan segar yang dipilih kemudian digoreng tanpa menggunakan tepung dan cara makannya dicocol dengan sambal khas MJ (Muncul Jaya).

Wader Goreng dan Sambal MJ di RM Muncul Jaya Ungaran. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Wader Goreng dan Sambal MJ di RM Muncul Jaya Ungaran. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Rasanya yang gurih dan renyah karena digoreng kering tanpa balutan tepung membuat ikan ini menghasilkan bunyi kres...kres... saat digigit. Kalau kamu suka pedas, kamu bisa cocol dengan sambal MJ, lo. Sambal ini memiliki cita rasa yang pas banget kalau dimakan bersama wader goreng ini. Yummy deh!

Nah, tampilan ikan wader ini mirip dengan ikan kembung, hanya saja wader memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding ikan kembung. Dicky, pengelola RM Muncul Jaya mengatakan bahwa ikan wader di RM Muncul Jaya ini sengaja dipilih yang berukuran kecil untuk memudahkan pengunjung saat menyantapnya.

Ikan Wader yang Hidup di Sungai (Wikimedia)

Ikan Wader yang Hidup di Sungai. (Wikimedia)

“Sebenarnya dia (wader) bisa lebih besar, tapi memang kami ambil yang kecil-kecil supaya gampang makannya, nggak perlu buang durinya.” Ujarnya kepada Inibaru.id beberapa waktu lalu.

Ikan goreng yang memiliki banyak peminat ini juga memiliki harga yang terjangkau yakni Rp 15.000 per porsinya. Harga yang standar untuk sebuah restoran.

Jadi, tunggu apalagi, millens? Yuk ke RM Muncul Jaya Ungaran dan nikmati wader goreng yang super renyah ini! (Laras Puspita/E05)

RM Muncul Jaya Ungaran

Alamat                 : Jalan Pemuda No. 301, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Jam buka             : 09.00 – 23.00 WIB

Harga                  : Rp 15.000