Cita Rasa Tembakau dalam Wujud Nasi Goreng

Cita Rasa Tembakau dalam Wujud Nasi Goreng
Nasi goreng tembakau. (instagram.com/heriirfani)

Ke Temanggung, mata nggak hanya kenyang melihat bentangan tanaman tembakau yang tumbuh subur. Perut juga harus kenyang dengan nasi goreng bercita rasa tembakau. Hm, komplet!

Inibaru.id - Nasi goreng adalah salah satu menu kuliner paling familiar di lidah masyarakat Indonesia. Nggak heran jika resep nasgor banyak dimodifikasi para ahli masak sehingga memunculkan rasa yang unik dan lebih enak. Nah, di Temanggung, ada nasi goreng unik yang mungkin nggak ada di tempat lain. Namanya nasi goreng tembakau! 

Warga Temanggung menyebutnya sega goreng mbako. Ya, yang bikin berbeda, tentu saja karena ada tambahan tembakau pada saat memasak nasgor. Wah, apakah itu berarti rasa nasgor bakal seperti rasa rokok?

Hm, nasgor tembakau memang memanfaatkan bagian dari tanaman tembakau, tapi itu bukan daunnya, melainkan biji. Caranya, biji-biji tembakau digoreng tanpa minyak terlebih dahulu, kemudian ditumis bersama dengan bumbu nasgor.

Tembakau Srintil yang ditanam di lereng Gunung Sumbing, Temanggung. (wartanasional.com)

Bumbu dan bahan untuk membuat nasgor ini nggak jauh beda dengan nasgor pada umumnya, kok. Namun, khusus untuk nasgor dengan campuran tembakau jenis srintil, ada tambahan isian jamur dan bumbu khusus. Nah, saat proses memasak sudah selesai, barulah daun tembakau bisa ditaburkan di atas nasi jika kamu berminat.

Jadi, buang jauh-jauhlah bayangan bahwa rasa nasgor mbako itu sama dengan rasa atau aroma rokok. Memang, bagi yang belum terbiasa, nasgor bakal terasa “aneh”. Namun, bagi pecintanya, nasgor mbako khas Temanggung memiliki rasa pahit yang ngangenin dan aroma yang memancing selera makan.

Nasgor mbako srinthil khas Temanggung. (Tempo.co/Pito Agusti Rudiana)

Kuliner satu ini bisa kamu jumpai salah satunya di Rumah Makan Temanggung Bersenyum, di Jalan MT Haryono. Kamu cukup mengalokasikan dana sekira Rp 15 ribu untuk satu porsi nasgor mbako.

Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba nasi goreng dari salah satu kota penghasil tembakau terbaik di Indonesia ini? (IB20/E03)