Seblak Bandung, Pedasnya Euy...

Memiliki beraneka macam varian isi, cita rasa pedas gurihnya bisa menjadi opsi kuliner yang cocok saat musim hujan.

Seblak Bandung, Pedasnya Euy...
Varian seblak yang antara lain menggunakan otak-otak, ceker, dumpling, bakso, sosis, tulang, kikil, dan masih banyak lagi.(Kompas.com/Muhammad Irzal Adiakurnia)

Inibaru.id - Musim hujan seperti saat ini, rasanya paling nikmat jika menyantap yang hangat-hangat. Jenis makanan yang berkuah dan juga pedas bakalan cocok nih buat kuliner saat udara dingin. Salah satunya adalah seblak.

Yup, siapa sih yang nggak kenal dengan kuliner pedas berkuah asal Bandung ini? Tersebar hingga ke berbagai daerah, penyuka seblak pun semakin banyak. Nggak hanya warga Bandung saja, namun juga daerah lain bahkan hingga luar Jawa menyukai kuliner yang berbahan pokok kerupuk ini.

Terdiri atas kerupuk yang direbus dan lalu dimasak dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, dan cabe rawit, seblak terkenal karena sensasi pedas gurih dan kehangatanya. Dulu, makanan unik ini hanya dimasak dengan kerupuk kuning yang direbus dan dipadukan dengan bumbu-bumbu tadi. Namun kini sudah banyak variasi seblak Bandung. Ada seblak kering dan ada juga seblak basah.

Baca juga:
Gurih dan Manis Si Tahu Petis
Mbok Dele Jual Soto dan Jual Kenangan

Selain itu varian isi dari seblak Bandung juga beraneka ragam, lo. Nggak hanya berisikan kerupuk, mi, bakso, sosis saja. Kamu juga bisa mencoba yang berisikan ceker, tempura, kwetiauw, jamur, brokoli, wortel, hingga keju. Bahkan untuk kerupuknya juga terdiri atas bermacam-macam kerupuk, seperti kerupuk yang keriting, yang berbentuk seperti bunga hingga seperti macaroni.

Cara pembuatannya sepintas juga mirip dengan membuat mi atau kwetiauw goreng atau rebus. Namun seblak punya cita rasa yang berbeda. Selain lebih kenyal biasanya seblak juga diolah dengan bumbu yang lebih pedas. Nggak mengherankan sejak awal kemunculannya di bumi Parahyangan, kuliner satu ini kerap dijadikan bahan tantangan bagi penyuka pedas. Pas sekali menjadi opsi kuliner saat musim hujan, apalagi jika bisa menikmatinya di kota asalnya.

Baca juga:
Liong Bulan, Kopi Tersohor dari Bogor
Nasi Lengko, Kuliner Khas Cirebon yang Rasanya Tak Ada Duanya

Nah, jika sedang berada di Bandung, kamu bisa menemukan cita rasa gurih pedasnya di Seblak Deu Tjenghar di Jalan Purnawarman, Seblak Mg. Ogo di Gading Tutuka, Soreang, Seblak Dago, di Jalan Dago, dan banyak lainnya.

Hmm…tapi kira-kira harganya mahal nggak, ya? Sobat Millens nggak perlu cemas, harga per porsi seblak nggak bakal bikin kantong jebol kok. Cukup dengan merogoh kocek Rp 8 ribu hingga Rp 15 ribu per porsi, kamu sudah bisa menikmati varian seblak pilihanmu. Murah meriah, bukan? (ALE/SA)