Cemal-Cemil Gurihnya Ketan Bubuk Legendaris di Warung Enggal Jaya Bubakan

Di warung yang sudah berusia hampir 50 tahun ini, kamu bisa makan ketan dengan topping nggak biasa. Yang jadi favorit adalah ketan dengan tambahan bubuk kedelai. Hmm gimana ya rasanya?

Cemal-Cemil Gurihnya Ketan Bubuk Legendaris di Warung Enggal Jaya Bubakan
Seporsi ketan dengan berbagai topping. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Inibaru.id - Malam itu kendaraan saya melaju di sekitar bundaran Bubakan. Di seberang pom bensin, saya lihat warung tenda berdiri. Di tengah keramaian warung, saya melihat "celah" untuk duduk dua orang. Yes!

Saya mengamati hidangan yang digelar. Berbagai lauk berkuah hingga tahu bacem tersaji di atas gerobak. Tinggal tunjuk ini itu, kamu bisa dapatkan seporsi nasi dengan lauk yang kamu mau.

Nur Rifai, pemilik Warung Enggal Jaya ini menuturkan warungnya menyajikan berbagai menu. “Rames, soto, gulai, ketan,” kata Rifai. “Tapi yang paling favorit ya ketannya itu,” lanjutnya.

Tampak depan Warung Enggal Jaya. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Nggak ragu lagi, saya pesan ketan yang punya berbagai topping itu. Jangan bayangkan topping kekinian ya, karena Rifai cuma menyediakan menu tradisional. Empat jenis topping yang bisa kamu pilih adalah bubuk kedelai, serundeng, kering tempe, dan kinca. Tapi jika mau, kamu bisa mencampur semuanya seperti yang saya lakukan. He

Seporsi ketan dengan satu topping dihargai 3500 saja. Jika ingin mencampur semuanya dalam seporsi ketan kamu cuma perlu menambah 500 rupiah saja. Murah banget kan?

Rifai mengaku warungnya sudah ada semenjak 1970. “Kakek saya jualan di sini sejak tahun 70, saya generasi ketiga,” kata laki laki 38 tahun ini. Semenjak kakeknya jualan di tempat tersebut, menu ketan memang jadi favorit.

Kamu bisa pilih satu atau beberapa komponen sebagai topping. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Selembar daun pisang tampak melapisi lepek gelas sebelum satu centong ketan ditaruh di atasnya. Suhu panas ketan membuat daun pisang mengeluarkan aroma khas. Hm, harum!

Secara kasat mata nggak ada yang istimewa dengan ketan buatan Rifai ini. Namun, ketika dipadukan dengan bubuk kedelai rasanya benar-benar lezat. Topping lain enak juga tapi ketan dengan bubuk kedelai adalah yang terbaik. Rasa kedelai yang khas bikin ketan tambah gurih.

Karena selalu ramai, jangan datang terlalu malam kalau nggak pengen kehabisan ya. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Seporsi ketan bubuk memang nggak bakal bikin kamu kenyang, tapi kamu masih bisa ngemil berbagai gorengan atau jajanan di warung tersebut. Mantap kan?

Penasaran sama cita rasa ketan bubuk legendaris ini? Jangan datang terlalu malam supaya nggak kehabisan ya, Millens! (Zulfa Anisah/E05)

 

Warung Enggal Jaya Bubakan

Kategori                    : Warung tenda

Alamat                      : Jl. Cendrawasih No.1 (Depan Honda Nusantara Sakti)

Jam Operasional        : 18.00 – 00.00 WIB (Setiap Hari)

Harga Makanan         : Rp 1.500 – Rp 13.000

Harga Minuman         :Rp 3.000 – Rp 4.000