Begini Khasiat di Balik Bungkus Daun Jati

Begini Khasiat di Balik Bungkus Daun Jati
Salah satu makanan yang dibungkus dengan daun jati. (Indonesia Kaya)

Daun jati kerap digunakan sebagai pembungkus makanan. Nggak sembarang dipilih, daun jati rupanya punya khasiat khusus bila digunakan sebagai pembungkus makanan.

Inibaru.id – Hingga kini, daun jati masih kerap dijadikan sebagai pembungkus makanan. Bungkus daun jati biasanya ditemukan untuk membungkus makanan khas daerah seperti nasi jamblang khas Cirebon atau nasi pecel yang berasal dari Blora dan Nganjuk.

Pemilihan daun jati sebagai pembungkus makanan ini rupanya memiliki banyak khasiat, lo. Berikut manfaat daun jati saat dijadikan pembungkus makanan.

Makanan Tetap Hangat dan Awet

Jika dicermati, makanan yang dibungkus daun jati cenderung tetap dalam kondisi hangat meski sudah dibungkus dalam waktu yang lama. Hal ini karena bentuk dan tekstur dari daun jati yang berukuran lebar dan tebal sehingga akan membuat suhu makanan tetap terjaga. Kalau makanan masih hangat, biasanya kenikmatannya bertambah, ya. He-he.

Membuat Aroma Makanan Lebih Nikmat

Selain membuat makanan tetap hangat dalam waktu yang lama, makanan yang dibungkus dengan daun jati rupanya  memiliki aroma yang khas. Ini karena makanan tersebut terpapar aroma dari daun jati yang sedap. Kenikmatan makanan pun akan lebih terasa bila makanannya dibungkus daun jati.

Bungkus Makanan yang Aman

Dibandingkan dengan plastik, styrofoam, apalagi kertas minyak, daun jati jelas lebih aman dan sehat untuk dijadikan pembungkus makanan. Telah banyak penelitian yang membuktikan jika sampai kamu menempatkan makanan panas di dalam plastik atau bahan styrofoam, zat kimia di dalam bahan-bahan ini akan masuk ke dalam makanan dan memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kertas minyak juga terbuat dari bahan kertas daur ulang yang bisa saja memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini bebeda dengan daun jati yang alami. Jadi, kemungkinan bahan kimia tercampur dalam makanan sangat sedikit kecuali bahan kimia alami bawaan daun jati.

Ramah Lingkungan

Dibandingkan dengan bahan pembungkus lain, daun jati tentu jauh lebih ramah lingkungan karena setelah dibuang, daun jati akan terurai di dalam tanah. Hal itu berbeda dengan bahan pembungkus lain seperti plasti ataupun styrofoam yang butuh waktu lama untuk diurai bakteri.

Hayo, siapa nih yang masih suka berburu makanan yang dibungkus dengan daun jati? Di daerahmu, masih ada yang seperti itu nggak Millens? (IB09/E04)