Buncis Cabai Garam, Menu Sahur yang Mudah dan Murah

Makan sahur dengan yang asin-asin gurih bercampur pedas dan “kres-kres” buncis yang manis, kenapa nggak? Inilah menu ala kafe yang bisa kita adopsi di rumah sebagai menu sahur, yakni Buncis Cabai Garam. Hmm!

Buncis Cabai Garam, Menu Sahur yang Mudah dan Murah
Buncis Cabai Garam. (cookpad.com)

Inibaru.id - Alarm yang nggak kedengaran sering hampir menggagalkan waktu sahur. Nah, menghadapi situasi semacam itu, kamu harus bergerak cepat karena nggak punya banyak waktu. Pilihlah menu masakan yang mudah, cepat, dan praktis, tapi bukan makanan instan kemasan. Kalau belum punya referensi, menu Buncis Cabai Garam mungkin bisa jadi alternatifmu.

Menu sahur yang baik adalah menu yang mengandung karbohidrat kompleks dan kaya serat. Dengan karbohidrat kompleks, tubuh bakal merasa kenyang lebih lama. Sementara, serat berfungsi membantu sistem pencernaan agar berjalan lebih lambat dalam memproses makanan yang kita konsumsi saat sahur.

Buncis Cabai Garam (resepkoki.co)

Nah, Buncis Cabai Garam termasuk menu sahur yang cepat tapi tetap mengandung banyak serat. Perpaduan rasa gurih bumbu dan manisnya buncis juga pasti akan menjadikan sajian ini pas dan menggugah selera pada jam sahur yang cenderung mengantuk.

Buncis Cabai Garam bukanlah menu masakan yang ribet. Bikinnya pun gampang. Menukil resep dari resepkoki.com, inilah resepnya!

Bahan-Bahan:

  • 8 buah buncis
  • 1 buah cabai merah
  • Bawang putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Tepung terigu
  • Penyedap yang terbuat dari jamur (ini bahan yang bersifat opsional)

Cara Memasak:

  1. Potong buncis menjadi dua bagian.
  2. Buat adonan tepung. Caranya campur sebagian tepung terigu, penyedap dengan air. Adonannya jangan terlalu kental, jangan pula terlalu encer.
  3. Lumuri buncis dengan sisa tepung terigu yang masih kering, setelah itu celupkan ke adonan tepung.
  4. Goreng buncis sampai warna keemasan lalu tiriskan.
  5. Belah cabai menjadi dua dan hilangkan bijinya, kemudian iris kecil-kecil.
  6. Siapkan bawang putih, cincang halus.
  7. Sangrai cabai dan bawang putih, setelah itu taburi garam, gula, dan penyedap rasa. Masukkan buncisnya. Aduk hingga rata.
  8. Buncis cabai garam siap disajikan.

Oia, sebenarnya nggak hanya buncis yang bisa dimasak seperti ini. Kalau di kafe-kafe, kamu juga kadang menjumpai menu serupa ini, tapi dengan bahan utama ayam atau tahu. Namun, mau ayam, tahu, atau buncis, kalau sudah dibumbu cabai garam sepertinya bakal tetap enak deh!!

Buncis Cabai Garam (Twitter.com)

Eh, tapi karena menu ini untuk santap sahur, ada baiknya kamu nggak menggunakan terlampau banyak cabai ya, Millens. Selamat mencoba! (IB20/E03)