Bukan Sulap Bukan Sihir, Teh di Kedai Tekwan Takeone Ini Bisa Berubah Warna

Bukan Sulap Bukan Sihir, Teh di Kedai Tekwan Takeone Ini Bisa Berubah Warna
Teh telang saat belum berubah warna (biru) dan sesudah berubah warna (ungu). (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Teh nggak selamanya berwarna cokelat. Ada juga teh yang berwarna biru, bahkan bisa berubah menjadi ungu. Wah, gimana ya?

Inibaru.id – Penampakan teh ini nggak biasa. Berwarna biru agak gelap seperti cairan spiritus. Namun, yang istimewa adalah teh ini bisa berubah warna. Itulah teh telang yang disediakan Kedai Tekwan Takeone.

Teh ini terbuat dari bunga telang yang direbus sehingga menghasilkan warna biru alami. Soal rasa, teh itu seperti air putih belaka dengan sedikit aroma bunga.

Warna teh yang semula biru itu bisa berubah warna jadi ungu, lo. Perubahan warna ini terjadi saat teh diberi air perasan jeruk nipis yang bersifat asam. Eits, ini bukan sulap apalagi sihir, melainkan fenomena kimia, Millens.

“Kalau asam itu kan merah, teh telang biru. Kalau ditemukan antara merah dan biru jadi ungu,” begitu penjelasan manajer Kedai Tekwan Takeone Deborah Gita Sakinah.

Meski ditambah air perasan jeruk nipis dan berubah warna, teh ini tetap enak untuk dinikmati, kok. Rasa teh yang semula tawar jadi lebih kecut. Rasa asam itu bergantung dengan kadar perasan jeruk nipis yang kamu tuang. Semakin banyak yang tertuang, semakin kecut pula rasa teh telang.

Teh telang sebelum berubah warna. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Deborah yang merupakan lulusan pertanian Universitas Gadjah Mada itu terinspirasi membuat teh telang karena reaksi kimianya yang unik. Bunga telang ini juga sedang meroket untuk digunakan sebagai pewarna alami makanan yakni biru.

Tentu saja teh telang ini punya sejumlah khasiat untuk kesehatan, Millens. Perempuan 24 tahun itu menjelaskan beberapa di antaranya.

“Selain unik, bunga telang ini juga antioksidan, jadi baik untuk tubuh,” imbuh Deborah.

Dia menambahkan, bunga telang juga mengandung senyawa yang bagus untuk kesehatan mata. Cocok nih buat yang matanya bermasalah.

Di Semarang, olahan bunga telang termasuk baru. Belum banyak kedai yang memperkenalkan menu telang. Padahal, di sejumlah daerah seperti Yogyakarta, bunga berwarna biru keunguan itu sangat eksis.

Selain dimanfaatkan sebagai minuman, bunga telang juga dipakai sebagai pewarna makanan, misalnya nasi biru. Hayo, siapa nih yang sudah pernah mencoba teh telang ini? Kalau penasaran, langsung deh cus ke Kedai Tekwan Takeone. (Ida Fitriyah/E05)