Bukan Nama Asli, Ini Awal Mula Nama Pempek Jadi Kondang

Bukan Nama Asli, Ini Awal Mula Nama Pempek Jadi Kondang
Pempek paket komplet di Kedai Tekwan Takeone. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Makanan khas Palembang ini kadung terkenal dengan sebutan pempek, padahal awal mulanya namanya nggak itu, lo. Yuk, simak ulasan berikut.

Inibaru.id – Makanan khas Palembang satu ini sangat terkenal. Saking kondangnya, banyak kedai di sejumlah daerah menjualnya. Kuliner ini malah bisa dikatakan ikon Palembang selain Jembatan Ampera. Apa lagi sih kalau bukan pempek?

Namun, tahukah kamu kalau pempek bukanlah nama asli penganan itu? Dilansir dari Kompas.com (4/4/2017), nama asli pempek adalah kelesan. Jauh banget kan dengan penyebutannya sekarang. Eits, jangan bingung dulu. Juru masak Kedai Tekwan Takeone Rosmalawaty membeberkan ihwal asal usul nama pempek ini.

“Dulu sebetulnya itu ada orang etnis Tionghoa yang jualan keliling. Penjual keliling itu biasa disebut Apek-Apek. Jadi, akhirnya kalau orang mau beli ngomongnya pek, sini pek. Nama makanan itu jadinya pempek,” terang perempuan yang kerap disapa Mala ini.

Hingga kini, orang telanjur familiar dengan nama pempek itu. Makanan ini terbuat dari tepung dan campuran ikan. Ada tiga ikan yang kerap dipakai dalam membuat pempek yakni ikan tenggiri, ikan gabus, dan ikan parang-parang.

Pemilihan ikan ini sesuai dengan selera dan bujet masing-masing. Sebagai contoh, penjual yang menyasar warga menengah ke bawah biasanya menggunakan ikan parang-parang dalam membuat pempek dengan alasan harga yang lebih murah.

Kendati begitu, ketiga ikan itu bukanlah ikan yang kali pertama dipakai buat pempek, lo. Dulu, lanjut Mala, pempek dibuat dari ikan belida.

“Kalau khasnya itu ikan belida. Seiring zaman yang berubah, ikan belida nggak ada terus kita ganti ikan tenggiri,” kata orang asli Palembang yang kini menetap di Semarang itu.

Nah, pempek mestilah disantap dengan cuka berwarna kecokelatan. Cuka ini terasa kecut, manis, dan cukup pedas. Rasa pempek yang gurih berpadu dengan cuka bakal menghasilkan sensasi enak di mulut. Patut dicoba!

Hayo, siapa nih sobat Millens yang suka banget sama pempek? (Ida Fitriyah/E05)