Bukan Makanan Asli Indonesia, Nasi Goreng Dari Mana Asalnya?
Nasi goreng. (Res.cloudinary)

Bukan Makanan Asli Indonesia, Nasi Goreng Dari Mana Asalnya?

Hampir semua orang Indonesia pernah menikmati kelezatan nasi goreng. Menu ini juga yang seringkali dicari para wisatawan asing saat datang ke Indonesia. Namun, nasi goreng rupanya bukanlah makanan asli Indonesia, lo.

Inibaru.id - Apa yang bakal kamu perbuat apabila di rumah masih ada nasi sisa semalam lumayan banyak? Banyak pilihan, tapi umumnya, orang akan mengolah nasi putih itu menjadi nasi goreng. Selain mudah cara bikinnya, rasa nasi goreng juga disukai banyak orang. Iya, kan?

Nasi goreng memang sudah familiar di lidah orang Indonesia sejak dulu. Selain mudah dibuat di rumah, di pinggir jalan, kamu nggak bakal kesulitan menemukan penjual nasi goreng yang biasanya juga menjual mie goreng.

Satu hal yang pasti, nasi goreng itu lekat dengan kekayaan kuliner khas Indonesia. Namun, apa benar nasi goreng itu asalnya dari Indonesia?

Usut punya usut, asal dari makanan yang dinobatkan terlezat kedua di dunia versi situs CNN pada 2011 itu adalah Dataran Tiongkok.

Omurice, nasi goreng unik dari Jepang. (Seriouseats)

Damniloveindonesia (27/8/2018) menulis, masyarakat Tionghoa itu nggak suka makanan dingin dan membuang makanan sisa. So, kalau ada nasi sisa, mereka menyiasatinya dengan menggoreng nasi yang dicampur bumbu-bumbu. Jadilah, sajian nasi goreng yang kala itu disukai masyarakat Tionghoa. Kemunculan nasi goreng di sana sudah cukup lama lo, yakni sekitar 4000 SM.

Nah, nasi goreng bisa sampai populer di Indonesia dan negara lain di Asia Tenggara karena dibawa masyarakat Tionghoa yang merantau. Mereka menciptakan nasi goreng khas lokal yang disesuaikan dengan rempah-rempah daerah itu. Nggak heran jika di Indonesia ada nasi goreng ikan asin, pete, rendang, kencur, terasi, cakalang dan masih banyak lagi.

Meski ada banyak resep nasi goreng, inti bahannya sama ya, Millens. Sama-sama terdiri atas tiga bahan utama yaitu nasi, minyak goreng dan kecap.

Nasi goreng vegetarian. (Realfood.tesco)

Belum ada keterangan waktu yang pasti tentang masuknya nasi goreng ke Indonesia. Namun, bisa dibilang masuknya makanan ini bermula dari era Kerajaan Sriwijaya pada abad 10 dan mulai intensif di era Kerajaan Majapahit pada abad 15. Saat itu, imigran dari Tiongkok mulai menetap di Nusantara dan membawa juga masakan mereka.

Itulah sedikit cerita tentang nasi goreng. Rupanya, nasi goreng yang jamak dimakan sehari-hari itu sudah eksis sejak beribu-ribu tahun lama ya, Millens. Selama kamu masih suka memasak dan memakannya, nasi goreng bakal terus eksis di negeri ini. (IB20/E04