Bukan Asia, Cara Seduh Teh Orang Indonesia Diduga Lebih Mirip Eropa

Bukan Asia, Cara Seduh Teh Orang Indonesia Diduga Lebih Mirip Eropa
Menyeduh dan menyesap teh. (Pixabay/Foundry)

Lantaran menjadi bagian dari Asia, nggak sedikit yang berpikir cara orang Indonesia menyeduh teh seperti orang Tiongkok, Jepang, atau Korea. Padahal, cara menyeduhnya justru mirip orang Eropa. Kenapa bisa begitu?

Inibaru.id – Bicara tentang teh, kamu mungkin akan teringat beberapa negara yang punya budaya menikmati minuman ini. Di Asia, negara-negara seperti Jepang, Tiongkok, dan Korea memiliki sejumlah tata cara dalam minum teh.

Melihat kedekatan geografisnya, orang mungkin mengira Indonesia pun memiliki tata cara yang sama. Namun, ternyata keliru! Menelusuri budaya ini lebih jauh, cara penyeduhan teh Indonesia rupanya lebih mirip Eropa, lo.

Ciri khas ngeteh ala Eropa menggunakan cangkir bertangkai. (Digitaloceanspaces)

Cara menyeduh teh dengan menambahkan air lebih banyak dan menunggu sekitar dua hingga tiga menit ini mirip dengan cara menyeduh teh di Inggris.

Penyeduhan ala Eropa biasanya menggunakan takaran sebanyak lima gram teh dan 450-500 mililiter air. Ini sedikit berbeda dengan penyeduhan ala Tiongkok. Dengan lima gram teh dan 150 mililiter air, teh hanya perlu diseduh selama 30 detik hingga satu menit.

Ngeteh ala Asia, menggunakan cangkir tanpa tangkai. (Seriouseats)

Perbedaan cara penyeduhan di Indonesia dengan Tiongkok ini diduga karena faktor penjajahan Belanda dan Inggris di masa lalu. Meski begitu, belum ada penelitian yang menegaskan dugaan ini ya, Millens.

Hm, terlepas dari cara penyeduhannya, teh memang bikin banyak orang kecanduan. Eh, kalau bosan, kamu bisa bereksperimen dengan menambahkan beberapa bahan, lo! Yuk, coba bikin teh racikanmu! (IB15/E03)