Bubur Jagung, Menu Berbuka Puasa yang Manis Tanpa Bikin Eneg

Bubur Jagung, Menu Berbuka Puasa yang Manis Tanpa Bikin Eneg
Bubur Jagung (tabloidbintang.com)

Memiliki rasa yang manis dan bergizi, kamu bisa menyajikan olahan jagung seperti bubur jagung sebagai menu sehat untuk berbuka puasa. Cara membuatnya juga mudah, nggak pakai ribet, apalagi butuh waktu yang lama.

Inibaru.id - Berpuasa sehari penuh membuat kerja lambung untuk menggerus makanan jadi terhenti.  Lambung akan bekerja kembali saat buka puasa tiba, yakni saat kamu membatalkan puasa dan kembali makan-minum. Nah, saat itu lambung membutuhkan penyesuaian diri setelah "rehat" sekurangnya 13 jam.

Karena alasan inilah kamu sebaiknya nggak langsung melahap makanan berat saat membatalkan puasa. Lambung yang kaget akan membuat perutmu kurang nyaman, bahkan sampai mengalami rasa mual. Yeah, karena lambung belum siap mencerna makanan.

Makan besar jelas bukan pilihan tepat. Namun, kalau kamu nggak sabar, mengganti nasi dengan bubur mungkin bisa lebih diterima lambung. Ya, bubur jagung misalnya.

Bubur jagung. (graved.com)

Memiliki rasa yang enak dan manis yang khas, jagung merupakan bahan makanan yang mengandung berbagai nutrisi. Apalagi setelah seharian berpuasa, tubuh tentu butuh asupan nutrisi yang tepat. Jagung juga termasuk karbohidrat yang bisa dikreasi dalam bentuk macam-macam, salah satunya dengan dibuat sup atau bubur. 

Membuat bubur jagung juga nggak sulit kok, Millens. Hanya dengan beberapa langkah sederhana kamu bisa menikmati bubur jagung untuk menu berbuka puasamu. Gimana caranya? Yuk simak resep bubur jagung dari tabloidbintang.com (1/6/2018) ini!

Bahan-bahan:

  • 1 buah jagung manis, parut
  • 2 buah jagung manis, pipil
  • 125 gram gula pasir
  • 400 ml santan
  • 600 ml air
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat:

  1. Masukkan jagung manis, jagung parut, garam, daun pandan, santan dan gula ke dalam panci, aduk rata.    
  2. Masak hingga mendidih dan kuah mengental. Angkat dan sajikan selagi panas.

Resep tersebut bisa menghasilkan empat porsi bubur. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan parutan keju atau susu kental manis sebagai topping. 

Bubur jagung dengan topping keju. (kreasisasa.com)

Ada baiknya kamu memasak bubur jagung menjelang waktu berbuka karena bubur jagung lebih sedap dinikmati hangat-hangat. Selain sebagai menu takjil, kamu juga bisa mengonsumsinya saat sahur, menjamu tamu, atau sekadar hidangan penutup sebelum tidur. (IB05/E03)