Bubur Ayam Jamur Hioko, Cita Rasa Daging Shitake di Gang Besen Pecinan

Bubur Ayam Jamur Hioko, Cita Rasa Daging Shitake di Gang Besen Pecinan
Elizabeth tengah melayani pembeli. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Jamur hioko di Indonesia terkenal dengan sebutan jamur jengkol. Bentuknya yang berpayung tebal ini sangat enak ketika dimasak sebagai olahan bubur, seperti Bubur Ayam Jamur Hioko yang saya nikmati di daerah Pecinan. Selain lezat juga bermanfaat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan.

Inibaru.id – Gang Besen merupakan salah satu gang yang berada di kawasan Pecinan Semarang. Di gang ini terdapat penjual makanan yang tepat untuk menjadi jujugan kamu sarapan. Namanya Bubur Ayam Jamur Hioko yang beralamat di Gang Besen No. 16 Kranggan.

Saat saya datang, Jumat (31/1), sengaja perut kosong untuk merasakan nikmatnya bubur ayam yang cukup legendaris ini. O ya, hioko adalah nama sebuah jamur yang berasal dari Asia Timur. Dikenal pula dengan jamur shitake, jamur yang tumbuh di batang pohon.

Bubur Ayam Jamur Hioko siap dinikmati. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)
Bubur Ayam Jamur Hioko siap dinikmati. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Jamur hioko banyak dibudidayakan di daerah Tiongkok, Jepang, Korea, dan kawasan Asia Tenggara. Kalau di Indonesia disebut dengan jamur jengkol karena memiliki aroma serupa jengkol. Jamur memiliki kualitas tinggi dan mempunyai payung yang tebal. Cocok untuk beragam masakan salah satunya Bubur Ayam Jamur Hioko ini.

Ketika saya memesan satu porsi, jamur hioko tercampur beberapa iris di dalam bubur ayam. Rasanya memang sangat gurih, kenyal, dan daging jamurnya sangat berpadu dengan kaldu ayam. Apalagi jika ditambah dengan kondimen seperti telur dan pangsit mini, wuih, rasanya nggak bisa dilupakan deh.

Saya kemudian bertemu dengan Elizabeth, seorang perempuan yang menjaga kedai Bubur Ayam Jamur Hioko. Sayangnya saya nggak begitu banyak mendapat informasi terkait bubur ayam tersebut karena dia hanya menjaga dan melayani pembeli. Terkait cara membuat dan lain-lain dia bilang nggak mengetahui.

“Nggak tahu, ada bosnya, resepnya pun sama bosnya. Saya sudah lama di sini hanya membantu menjual,” kata perempuan keturunan Tionghoa tersebut.

Kondimen bubur ayam ada pangsit dan wijennya lo. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)
Kondimen bubur ayam ada pangsit dan wijennya lo. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Ketika saya bertanya terkait kediaman si bos, Elizabeth seperti enggan pula memberi tahu, he-he. Ya sudahlah, kalau kamu berniat menikmati bubur ayam ini datanglah saat pagi, karena kalau kamu kesiangan takut sudah habis. “Buka dari jam 6 pagi sampai habis, sekitar pukul 10,” ucap Elizabeth.

FYI, jamur hioko mempunyai banyak manfaat pula lo. Di antaranya untuk membuat lancar sirkulasi darah, mengobati penyakit saluran napas, meningkatkan energi, melepas kelelahan, dan meredakan gangguan hati. Bahkan dipercaya juga untuk membuat kamu tetap muda alias memperlambat penuaan dini.

Rencanakan sarapan pagi di sini gih, Millens, ajak keluarga atau teman juga boleh. Sambil menikmati udara pagi Pecinan Semarang. (Isma Swastiningrum/E05)