Buah-Buah Ini Paling Cocok Dijadikan Sarapan

Buah-Buah Ini Paling Cocok Dijadikan Sarapan
Pilihan buah yang cocok untuk dijadikan sarapan. (Liputan6.com)

Masyarakat Indonesia sudah terbiasa untuk sarapan nasi. Namun, beberapa di antaranya justru memilih sarapan dengan buah karena pelbagai alasan.

Inibaru.id – Belakangan ini, program diet sedang ngetren di kalangan muda-mudi. Beragam program diet mereka jalankan mulai berolahraga hingga membatasi makanan. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang menghilangkan nasi dan menggantinya dengan buah waktu sarapan.

Namun, perlu diingat kalau nggak semua buah baik untuk sarapan. Dengan mempertimbangkan kandungan gizi dan khasiatnya, sejumlah buah nggak cocok disantap waktu sarapan. Jadi, kamu perlu pandai-pandai memilih buah untk sarapan, Millens.

Nah, berikut ada beberapa buah yang paling cocok untuk dijadikan sarapan pagi.

  1. Pisang

Selain mudah didapatkan, harga pisang juga lumayan terjangkau. Namun, jangan ragukan kandungan gizi yang ada pada pisang. Buah yang umumnya berwarna kuning ini kaya akan nutrisi seperti karbohidrat dan serat sehingga membantumu kenyang lebih lama.

Dengan rasa kenyang yang bertahan lama, kamu nggak tertarik lagi mengonsumsi camilan nggak sehat pemicu kenaikan berat badan. Nggak hanya cocok untuk program diet, pisang juga bisa mencegah hipertensi.

Pisang bisa dimakan langsung, dijadikan smoothies, atau dijadikan campuran sereal dan oatmeal. Rasa pisang yang manis tentu akan membuat sarapan menjadi semakin nikmat.

  1. Jeruk

Selain pisang, jeruk yang merupakan buah lokal berharga terjangkau ini juga cocok untuk dijadikan sarapan pagi. Jeruk mengandung serat dan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya juga akan membuatmu lebih terlindungi dari paparan radikal bebas.

Kamu bisa mengonsumsi jeruk secara langsung atau dijadikan jus yang sangat menyegarkan.

  1. Kiwi

Kiwi memang memiliki rasa yang sedikit masam, tapi kandungan vitamin C, kalium, dan tembaga yang tinggi akan sangat berkhasiat bagi tubuh. Nggak cuma memperkuat sistem kekebalan tubuh, kiwi juga mampu mencegah hipertensi dengan efektif. Buah yang cocok dijadikan smoothies atau campuran salad buah ini juga kaya serat sehingga bisa mencegah datangnya gangguan pencernaan.

  1. Semangka

Semangka mengandung air yang banyak. Buah yang kaya akan kandungan air bisa mencegah datangnya dehidrasi. Selain itu, kandungan likopen di dalam semangka yang tinggi akan menyehatkan mata dan jantung serta mencegah kanker.

  1. Buah Berry

Stroberi, raspberry, blueberry, dan buah dari keluarga berry lainnya kaya akan kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Rajin mengonsumsinya saat sarapan pagi bisa mencegah peradangan dan peningkatan kadar kolesterol darah.

Buah-buahan yang kaya vitamin C ini bisa kamu campurkan dengan yoghurt, sereal, atau oatmeal.

Yap, buah-buah itu aman untuk dikonsumsi untuk sarapan, Millens. Kalau kamu, biasanya makan buah apa saja sih saat sarapan? (IB09/E04)