Boba, Mutiara Hitam yang Jadi Isian Milk Tea

Boba, Mutiara Hitam yang Jadi Isian Milk Tea
Mengolah boba. (Klfoodie)

Populer sebagai isian dari teh susu, siapa menyangka boba semula adalah semacam puding yang ngggak sengaja ditambahkan pada minuman teh di Taiwan? Kini, nggak hanya untuk minuman, boba bahkan menjadi topping pelbagai makanan.

Inibaru.id – Laiknya bulatan pada wedang ronde, boba juga menjadi salah satu elemen penting dalam bubble tea. Keberadaannya nggak bisa dihilangkan. Namun, siapa menyangka kalau semula boba hanyalah puding yang coba dimasukkan dalam minuman teh?

Yap, jauh sebelum dikenal sebagai minuman populer masyarakat kiwari (kekinian) seperti sekarang, boba hanyalah tambahan pada minuman teh di Taiwan. Bentuknya pun nggak seimut sekarang. Bahkan, dulu bola-bola tapioka itu nggak berwarna hitam dan manis, melainkan putih dan hambar.

Boba untuk isian teh susu. (Youtube)
Boba untuk isian teh susu. (Youtube)

Boba milk tea dikenal di Taiwan sejak 1990-an, berupa minuman yang terbuat dari teh hitam panas, susu, bola tapioka berukuran besar, dan madu. Namun, popularitasnya segera melejit nggak lama kemudian, khususnya di wilayah Asia.

Popularitas itu menjalar ke Amerika setelah masyarakat Asia di Amerika menjadikan kedai boba milk tea sebagai tempat nongkrong. Masyarakat setempat pun mulai “menerima” boba sekitar 2000-an. Setali tiga uang, masyarakat Eropa juga mengonsumsi teh susu tersebut nggak lama kemudian.

Boba cake. (Sodelicious.recipes)
Boba cake. (Sodelicious.recipes)

Boba yang sebelumnya merupakan semacam puding bagi warga Tiongkok pun kini menjadi bagian nggak terpisahkan dari es teh susu. Bahkan, kini kamu bisa menemukan boba nggak hanya pada dasar milk tea, tapi juga pada olahan nasi, es krim, hingga roti bakar.

Ehm, agak aneh sih, tapi begitulah inovasi! Ha-ha. (IB20/E03)