Bikin Jantung Sehat dengan Rajin Konsumsi Kacang dan Biji-Bijian

Bikin Jantung Sehat dengan Rajin Konsumsi Kacang dan Biji-Bijian
Kacang-kacangan punya banyak manfaat untuk tubuh. (Yes Healthy)

Penyakit jantung dan hipertensi termasuk penyumbang tertinggi pada kematian manusia. Nggak hanya rajin olahraga, konsumsi makanan pun perlu diperhatikan untuk mencegahnya, salah satunya dengan mengonsumsi biji-bijian. Apa saja manfaatnya?

Inibaru.id – Ada banyak olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Senam, lari, hingga jalan cepat adalah beberapa contoh olahraga yang bikin jantung kuat. Selain olahraga, merawat jantung bisa pula dilakukan dengan mengonsumsi kacang dan biji-bijian lantaran mengandung serat dan proten yang tinggi.

Kacang dan biji-bijian adalah bahan makanan yang rendah kolesterol. Mengonsumsi makanan yang tinggi kolestorel meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular, jantung koroner, dan hipertensi.

Untuk mencegahnya, bukan hal yang sulit untuk menambahkan biji-bijian seperti wijen, kacang tanah, biji bunga matahari, biji labu, dan kacang almond untuk dikonsumsi.

https://image.freepik.com/free-photo/fresh-sunflower-seed-shelled-sunflower-seeds-wood-bowl_71756-1413.jpg

Biji bunga matahari jadi salah satu biji yang sebaiknya rutin dikonsumsi. (Freepik)

Jurnal Advances in Nutrition mengungkapkan, orang yang rutin mengonsumsi kedua bahan tersebut mampu menurunkan risiko terkena penyakit-penyakit itu hingga sepuluh persen.

Hana Kahleova, ahli gizi dari Physicians Committee for Responsible Medicine mengatakan, kacang dan biji-bijian juga murah sehingga mampu memenuhi gizi banyak orang.

Kalau kamu termasuk orang yang malas memperhatikan gizi dalam makanan, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk itu, deh!

Mumpung masih muda, jaga tubuhmu supaya bisa tetap energik saat tua nanti. Pengin kan tetap awet muda dan sehat? (IB15/E03)