Bikin Geti Wijen, Camilan Khas Wonogiri yang Manis dan Gurih

Bikin Geti Wijen, Camilan Khas Wonogiri yang Manis dan Gurih
Geti wijen. (omiyago.com)

Makanan tradisional seperti geti wijen memang mulai sulit dijumpai di beberapa daerah di Jawa Tengah. Jika kamu berkunjung ke Wonogiri, makanan ini masih bisa kamu temukan di pasar-pasar tradisional. Daripada kesulitan menemukannya, bikin sendiri bisa kamu lakukan!

Inibaru.id – Gurih dan manis, begitulah rasa geti wijen. Anak kelahiran 1990-an mungkin familiar dengan jajanan ini semasa masih duduk di bangku SD. Ya, geti wijen memang cukup mudah ditemukan di kantin-kantin sekolah. Sayang, kini kudapan itu nggak gampang dicari.

Jika kamu berkunjung ke Wonogiri, geti wijen masih bisa kamu dapatkan di pasar-pasar tradisional. Kalau pengin bikin sendiri juga bisa kok! Yuk, ikuti caranya berikut ini.

Bahan:

  • 70 gram wijen putih, sangrai
  • 30 gram wijen hitam, sangrai
  • 40 gram gula pasir
  • 1 sendok makan air
  • 1 sendok makan madu
  • ½ sendok makan mentega
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Ambil panci dan masukkan bahan-bahan seperti garam, gula, madu, dan air menjadi satu. Masak menggunakan api kecil dan aduk supaya bahan-bahan itu tercampur merata. Tunggu hingga mengental.
  2. Masukkan mentega dan aduk kembali. Angkat panci dari kompor, kemudian masukkan wijen, dan aduk dengan cepat.
  3. Ambil kertas baking berukuran 20 x 20 sentimeter, lipat menjadi dua bagian sampai membentuk garis tengah.
  4. Tuang adonan geti wijen di atas kertas, lalu tutup dengan satu sisi kertas yang lain. Gilas adonan menggunakan sendok. Jika sudah tergilas semua, buka kertas dan dinginkan.
  5. Jika adonan sudah mengering, potong sesuai selera, lalu masukkan ke toples. Geti wijen sudah siap dinikmati.

Gimana, sudah jadi? Geti wijen bisa jadi temanmu nonton film atau sekadar bersantai. Eh, kalau pengin bikin kue ini sebagai suguhan Lebaran juga bisa kok. Mumpung Lebaran tinggal menghitung hari, yuk cicil bikin! (IB15/E03)