Biji Ketapang Bikin Ketagihan

Kue biji ketapang, camilan asli Betawi ini mampu bersanding dan bersaing dengan kue dan camilan kekinian lain. Ya, rasanya yang yummy dan renyah bikin ketagihan.

Biji Ketapang Bikin Ketagihan
Kue Biji Ketapang (Resepnasional.com)

Inibaru.id - Duduk bersantai untuk menikmati waktu luang cocoknya ditemani camilan. Yup, kue biji ketapang, camilan dari Betawi ini bisa jadi pilihan kamu buat ngemil.

Kue yang kerap disajikan pada momen Lebaran ini diolah dengan digoreng atau dipanggang sehingga dihasilkan makanan kering yang bisa awet disimpan dalam jangka waktu lama.

Baca juga:
Ada Tiongkok, India, dan Arab dalam Semangkuk Mi Aceh
Seblak Bandung, Pedasnya Euy...

Dari namanya mungkin Sobat Millens bakalan menduga bahwa bahan camilan ini berupa biji-bijian yang diolah hingga menjadi makanan. Tapi camilan biji ketapang ini nggak mengandung biji-bijian sama sekali. Jadi, nama biji ketapang ini diambil karena camilan ini bentuknya mirip dengan biji buah ketapang, yaitu sejenis pohon kemiri yang banyak tumbuh di Betawi atau Jakarta pada zaman dulu.

Biji ketapang ini memang cocok dinikmati bersama secangkir teh panas atau kopi. Bentuknya yang kecil-kecil dan rasanya yang gurih dan manis memiliki cita rasa tersendiri. Ada dua rasa dominan yang biasa dibuat, yaitu gurih dan manis. Keduanya sama-sama enak dan diminati banyak orang.

Dilansir dari Direktori-wisata.com, camilan tradisional ini selalu ada di meja setiap rumah masyarakat Betawi pada saat Lebaran tiba, baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

Baca juga:
Gurih dan Manis Si Tahu Petis
Mbok Dele Jual Soto dan Jual Kenangan

Sobat Millens, jika ingin mencoba untuk membuat kue biji ketapang ini bahan-bahannya sangat mudah, lo. Kue biji ketapang ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan kelapa muda parut, margarin, telur, dan gula. Sebelum dimasak, kelapa parut perlu disangrai terlebih dahulu agar tidak cepat “tengik”. Setelah jadi, adonan dipelintir dan dipotong-potong hingga berbentuk bulat lonjong. Nah, setelah itu digoreng dan siap untuk dihidangkan. (LAM/SA)