Biar Nggak Sering Buang Angin, Hindari Konsumsi Zat-Zat Ini saat Sarapan!

Biar Nggak Sering Buang Angin, Hindari Konsumsi Zat-Zat Ini saat Sarapan!
Salah konsumsi buah di pagi hari bisa bikin kamu sering buang angin, lo. (Healthyline)

Ada beberapa makanan yang perlu kamu hindari untuk dikonsumsi dalam jumlah besar, terutama pada pagi hari. Meski bergizi, kamu perlu mengatur porsinya supaya nggak buang angin terus-menerus. Zat apa saja yang terkandung di dalamnya?

Inibaru.id – Sarapan penting bagi kita guna menjadi pasokan energi tubuh sebelum beraktivitas. Sarapan juga memiliki banyak manfaat, salah satunya membangun konsentrasi.

Namun, perlu kamu tahu, beberapa makanan sebaiknya perlu kamu hindari lantaran bikin kamu sering buang angin dan serdawa. Supaya terhindar dari hal-hal ini, yuk, cari tahu dulu kandungan makanan apa saja yang bisa bikin buang angin terus!

Fruktosa

Kurma mengandung fruktosa. (Healthyline)

Fruktosa adalah penyebab sembelit serta sering kentut. Zat ini biasanya banyak terkandung dalam kurma, kismis, anggur, dan nanas.

Selain empat buah itu, frutosa ditemukan pula pada apel, pisang, dan anggur. Kamu yang doyan bawang bombay juga perlu menahan sayur ini untuk dimakan pada pagi hari. Kalau pengin sarapan, konsumsi saja dalam porsi kecil ya.

Sorbitol

Apel bisa bikin kamu buang gas juga, lo. (Living Live)

Selain fruktosa, gula alami lainnya yang perlu dihindari adalah sorbitol. Seperti fruktosa, sorbitol juga membutuhkan waktu agak lama untuk diserap usus. Nah, selama proses penyerapan, zat ini menghasilkan gas yang bikin kamu kentut. Sorbitol ada di beberapa buah yaitu pir, apel, dan persik.

Serat

Sering buang angin bisa juga disebabkan mengonsumsi kacang-kacangan saat sarapan. (Fruits)

Serat memang baik untuk tubuh. Namun, jika terlalu sering mengonsumsinya, serdawa dan kentut bisa kamu alami. Ini karena serat yang terkandung dalam kacang-kacangan baru bisa diproses setelah mencapai bagian usus besar, Millens.

Pati

Jagung mengandung pati. (My Recipe)

Suka menyantap sayur dan buah yang mengandung pati seperti jagung dan kentang? Kedua makanan ini sering memicu kentut dan serdawa juga, lo!. Supaya nggak sering buang gas, sebaiknya imbangi zat ini dengan makanan lain.

Tentu saja makan sayur dan buah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, kamu perlu menyiasati menu harianmu supaya tetap mendapatkan gizi yang seimbang sekaligus terhindar dari perasaan nggak nyaman karena suka kentut. (IB15/E03)