Biar Nggak Malu-Maluin, Ini Tips Makan Sushi Mentah Buat Pemula

Biar Nggak Malu-Maluin, Ini Tips Makan Sushi Mentah Buat Pemula
Nggak semua orang bisa menelan makanan berbahan mentah dengan mudah. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Makan sushi pertama kali menjadi tantangan yang menarik bagi lidah orang Indonesia. Pasalnya, komposisi pembuatan sushi yang berasal dari ikan mentah kadang memberikan rasa eneg bagi yang pertama mencoba. Ingin tahu tips agar kamu masih bisa menikmati sushi? Yuk, simak!

Inibaru.id – Beberapa hari yang lalu, saya mendapat kesempatan untuk makan sushi yang kedua kalinya, yakni di Orenji Sushi Semarang. Meski pun sushi di tempat ini memberi sensasi yang meletus di mulut, ternyata lidah saya makan nggak bisa berbohong. Tertinggal rasa eneg yang mengganggu.

Maklum, dalam tradisi Jepang sushi mengandalkan ikan mentah. Sedangkan untuk lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan matang. Nggak terkecuali lidah saya. Apalagi urusan ikan, ha-ha. Berikut saya merangkum beberapa tips buat Millens merasa masih eneg bahkan mual ketika makan sushi.

Pertama, ubah mindset. Kamu jangan membayangkan mentah ikan. Kalau kamu bayangkan, dari potongan kedua dan selanjutnya akan susah kamu ditelan. Apalagi kalau kamu membayangkannya sampai ikan itu meronta-ronta dan darahnya berceceran. Hi

Kedua, manfaatkan shoyu atau kecap Jepang. Rasa asin shoyu bisa menutupi rasa asli sushi. Jadi lidah nggak akan kaget karena cita rasa shoyu yang asin bakal mengalahkan rasa ikan. Apalagi kalau shoyu ini kamu tambah dengan sambalnya Jepang, atau yang lebih dikenal dengan nama wasabi. Berwarna hijau dan memiliki rasa pedas. Tapi jangan mencampur shoyu dan wasabi secara bersamaan ya. Bisa menghancurkan rasa. Atau kamu bisa makan acar jahe untuk menetralkan lidah.

Ketiga, minumlah setelah makan sepotong. Siapkan minumam favoritmu di dekat sushi yang mau kamu makan. Bisa teh ocha atau lemon tea. Malahan ada juga yang bilang bawa air jeruk nipis. Dicelupin ke sana dulu biar amisnya hilang. Nah, setelah potongan kedua lidahmu bakal menyesuaikan dan bisa merasakan lembutnya ikan.

Keempat, pesan sushi yang ikannya matang atau semuanya matang. Sushi matang dari pengalaman saya pergi ke Orenji Sushi Semarang lebih "masuk" di lidah saya. Kalau menu jenis ini sudah masuk menu fusion food. Sudah dijamin sesuai dengan lidahnya orang Indoensia.

Tips terakhirnya alias kelima adalah kebiasaan saja, Millens. Kamu merasa mual karena kamu baru memakannya sekali, dua kali, atau hanya tiga kali saja. Jika kamu semakin sering mengkonsumsi dan lidahmu sudah terbiasa, lama-lama bakal doyan kok. Ha-ha.

Nah, sudah pada tahu tipsnya ya. So, jangan kapok makan sushi! (Isma Swastiningrum/E05)