Berwisata Kuliner ke Blora? Cicipi Tiga Minuman Ini, yuk!

Di Blora, ada tiga minuman yang pantang kamu lewatkan, yakni es jati, wedang cemohe, dan kopi santan. Seberapa unik ketiganya?

Berwisata Kuliner ke Blora? Cicipi Tiga Minuman Ini, yuk!
Kopi santan, satu dari tiga kuliner unik di Blora. (Facebook)

Inibaru.id – Es jati, wedang cemohe, dan kopi santan! Kamu yang berada di luar Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mungkin akan mengernyitkan dahi mendengar ketiga nama minuman ini.

Minuman-minuman itu memang menjadi suguhan khas di sana. Kamu yang doyan berwisata kuliner tentu sebaiknya nggak melewatkan kesempatan untuk mencicipi ketiga minuman ini. Sebelum mencobanya, kulik dulu satu per satu yuk.

Es Jati

Es jati. (Tribunnews)

Ya, kamu nggak salah baca. Daun jati yang biasanya digunakan untuk membungkus makanan rupanya bisa diolah menjadi minuman yang segar, lo. Tentu saja daun jati yang digunakan nggak sembarangan. Hanya pucuk daun jati muda-lah yang diambil untuk kemudian dicampurkan dengan air gula jawa.

Pupus daun itu menghasilkan warna hijau kemerahan. Selain daun jati, cincau menjadi tambahan lain minuman ini. Untuk mencicipi uniknya minuman ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebanyak Rp 3.000 saja kok.

Wedang Cemohe

Wedang cemohe. (Bp.blogspot)

Minuman kedua yang perlu kamu coba adalah wedang cemohe. Wedang ini dibuat dari jahe. Yang membuatnya berbeda adalah isiannya yang lebih beragam.

Dalam semangkok wedang cemohe, terdapat beberapa bahan seperti irisan kelapa, kacang tanah goreng, susu krim, dan roti tawar.

Kebayang kan pedasnya jahe bercampur dengan bahan-bahan itu? Hm, dijamin bikin ketagihan. Kamu mungkin akan merindukan Blora usai menikmati wedang ini.

Kopi Santan

Kopi santan. (Steemitimages)

Jika Pekalongan memiliki kopi tahlil, Blora memiliki kopi santan. Kopi santan terbuat dari biji kopi robusta yang disangrai dengan potongan kelapa. Usai dihaluskan, serbuk kopi ini direbus bersama gula dan santan segar.

Rasanya? Gurih dan nikmat! Kamu yang penggemar kopi sebaiknya jangan meninggalkan minuman ini dalam daftar tujuan wisatamu ya.

Dari ketiga minuman tersebut, mana yang paling pengin kamu coba, Millens? Supaya nggak penasaran, cicipi saja semuanya ya. Jangan lewatkan juga aneka makanan di kabupaten ini. Kamu kapan nih ke Blora? (IB15/E03)