Bertamu ke Pesta Kangen Jogja, Bertemu Minuman Favorit Sultan: Bir Jawa!

Disebut bir, tapi tidak memabukkan, itulah Bir Jawa. Minuman favorit Sultan Hamengkubuwono itu mulai jarang ditemukan. Nah, Pesta Kangen Jogja menyajikannya!

Bertamu ke Pesta Kangen Jogja, Bertemu Minuman Favorit Sultan: Bir Jawa!
Bir Jawa, minuman favorit Sultan Yogyakarta yang kian langka. (Beergembira)

Inibaru.id – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Yogyakarta kembali menggelar Pasar Kangen Jogja di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Digelar pada 12-20 Juli 2019, pesta makanan dan minuman zadul di Kota Pelajar ini pantang untuk dilewatkan, salah satunya Bir Jawa.

Minuman tradisional yang terkenal pada masa Sultan Hamengkubuwono (HB) VII dan VIII itu bisa kamu temui di bagian belakang Gedung Societet TBY, tepatnya di Stan Kuliner Priyayi. Minuman tersebut dibanderol seharga Rp 8.000 saja per gelas.

Eits, jangan berpikir minuman ini memabukkan ya, Millens. Saat minuman itu dibuat, kerajaan Mataram kala itu telah menganut Islam.

Kandungan bir Jawa terdiri atas campuran rempah, di antaranya jahe, secang, kapulaga, serai, dan kayu manis. Agar manis, minuman favorit HB VII itu kemudian diberi gula batu. Lalu, supaya segar, minuman juga diberi tambahan jeruk nipis.

Pasar Kangen Jogja merupakan gelaran kuliner di Yogyakarta yang cukup disambut antusias oleh penikmat kuliner di sana. Nggak hanya warga setempat, festival itu juga dihadiri wisatawan dari luar kota.

Tahun ini, nggak kurang dari 117 stan kuliner tradisional bisa kamu nikmati. Festival tersebut cukup diminati lantaran nggak menjual makanan atau minuman kekinian yang saat ini marak di pasaran, melainkan penganan tradisional yang kini mungkin mulai langka di pasaran.

Gimana, tertarik berburu kuliner zadul seperti Bir Jawa? Nggak ada salahnya kamu ke Pasar Kengen Jogja, karena festival kuliner tersebut masih berlangsung hingga 20 Juli nanti. Gas kuy! (IB20/E03)