Pertahankan Rasa dan Kualitas, 3 Toko Roti Zadul di Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Sambangi!
Perusahaan Roti Orion Solo, salah satu toko roti zadul di Jawa Tengah. (Instagram/rotiorionsolo)

Pertahankan Rasa dan Kualitas, 3 Toko Roti Zadul di Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Sambangi!

Mungkin cuma sedikit yang tersisa, tapi beberapa toko roti ini terbukti bertahan dengan kualitas yang ditawarkan. Inilah toko roti yang harus kamu coba, setidaknya sekali dalam seumur hidup! Ha-ha.

Inibaru.id – Toko roti modern mungkin tampak lebih menggairahkan dan menarik minat sebagian masyarakat. Namun, jika nggak menjaga kualitas, produk mereka akan ditinggalkan konsumen. Entah sudah berapa banyak perusahaan roti di Indonesia yang gagal menarik minat konsumen, kemudian tumbang.

Nah, di antara sekian banyak bakery modern yang terus bermunculan, sedikit toko roti tempo dulu masih bertahan. Kendati sudah berusia puluhan tahun, beberapa toko roti ini bahkan tetap memiliki pelanggan setia, lo. Toko roti mana sajakah?

Perusahaan Roti Orion, Solo

Kue Mandarijn, salah satu produk unggulan di Perusahaan Roti Orion Solo. (Instagram/rotiorionsolo)

Toko roti ini merupakan salah satu legenda Kota Solo, dengan produk paling favorit Kue Mandarijn. Mandarijn merupakan semacam bolu empuk dengan sentuhan selai nanas di tengahnya.

Baca Juga: Mandarijn dan Kue-Kue Manis di Perusahaan Roti Orion Solo

Didirikan sepasang istri-suami Njoo Hong Yauw dan Tjan Giok Nio pada 1932, kue di Orion dijual dengan harga sekitar Rp 75 ribu hingga Rp 180 ribu.

Toko Roti Ganep, Solo

Roti Kecik di Toko Roti Ganep. (Keluyuran)

Selain Perusahaan Roti Orion, toko roti lainnya yang berhasil bertahan lebih dari seratus tahun adalah Toko Roti Ganep. Setali tiga uang, toko roti ini juga berada di sekitar pusat kota.

Toko Roti Ganep menjual aneka kue dan roti dengan rasa yang enak. Selain kue modern, mereka juga menjual kue-kue tradisional.

Baca Juga: Roti dan Kletikan Zadul yang Berjajar Rapi di Toko Roti Ganep Solo

Kalau penasaran dengan rasanya, datang saja ke Jalan Sultan Syahrir Nomor 176, Setebalen, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.

Toko Roti Go, Banyumas

Produk di Toko Roti Go. (Instagram/roti_go)

Toko Roti Go nggak berada di Kota Solo, melainkan di Purwokerto, Banyumas. Toko ini sudah berdiri sekitar seratus tahun dan masih eksis.

O ya, proses pembuatan roti-roti di sana masih menggunakan oven tradisional, lo. Kamu yang sedang berada di Kota Purwokerto sebaiknya mampir ke Jalan Jenderal Sudirman Nomor 724, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Baca Juga: Mengunyah Kenangan Legitnya Roti dan Kue Zadul di Toko Roti Go

Dengan banyaknya toko roti modern, tentu bukan hal yang mudah bagi toko-toko tersebut tetap bertahan hingga sekarang. Namun, dengan menjaga kualitas dan melakukan inovasi produk, bukan hal yang mustahil untuk tetap punya pelanggan setia.

Kalau di kotamu, adakah toko roti yang melegenda? Kalau ada, kasih rekomendasi ya. (IB15/E03)