Berniat Beli Kuma-Kuma? Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

Berniat Beli Kuma-Kuma? Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini
Kuma-kuma merupakan rempah termahal di dunia. (grid.id)

Pengin membeli kuma-kuma untuk masakanmu? Ingat, sebelum membeli rempah ini, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan. Supaya nggak salah beli, lakukan dulu hal-hal ini ya.

Inibaru.id – Kuma-kuma merupakan rempah dengan harga jual yang mahal. Selain menjadi pewarna alami, kuma-kuma memiliki sejumlah manfaat lain bagi tubuh. Jika rutin dikonsumsi, kuma-kuma mampu menekan hormon kortisol yang memicu stres hingga menghambat sel-sel kanker.

Supaya manfaat-manfaat ini tetap bisa kamu peroleh, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membelinya.

Cium Baunya

Sebelum membeli kuma-kuma, kamu harus mencoba mencium baunya dulu. Jika berbau tajam, ini berarti kualitas kuma-kuma yang hendak kamu beli masih bagus. Sebelum membelinya, kamu juga perlu memperhatikan tampilannya supaya nggak tertipu.

Jangan Tergiur Harga Murah

Untuk kuma-kuma sebanyak 453 gram, kamu perlu merogoh uang sekitar Rp 1 juta. Mahalnya harga kuma-kuma tentu menjadi indikator kualitasnya. Kalau ada yang menjual kuma-kuma dengan harga yang lebih murah, jangan buru-buru tergiur ya, Millens. Bukan nggak mungkin rempah yang ditawarkan palsu.

Hindari Membeli Bubuk Kuma-Kuma

Penipuan lebih rawan terjadi jika kuma-kuma yang kamu beli justru dalam bentuk bubuk. Nggak jarang, pedagang mencampur rempah ini dengan kunyit supaya harganya bisa murah. Jadi, mending hindari membeli bubuk kuma-kuma ya.

Simpan Dalam Wadah Tertutup Rapat

Kualitas kuma-kuma juga ditentukan dari bagaimana kamu menyimpannya. Jika kamu menyimpannya dalam toples tertutup rapat, kuma-kuma akan awet hingga enam bulan. Kalau menaruhnya dalam kulkas, ini bisa memperpanjang masa awetnya hingga satu tahun.

Jika kamu memutuskan membeli kuma-kuma dalam bentuk bubuk, pastikan rempah tersebut habis dalam waktu tiga hingga enam bulan ya.

Dengan mengetahui hal-hal itu, kamu kini sebaiknya nggak gegabah saat membeli kuma-kuma. Jika kamu sampai salah pilih, tentu uang yang kamu gunakan terlalu sayang untuk “dibuang”. Jadi, tetap berhati-hatilah saat memilih rempah ini. (IB15/E03)