Jalan-Jalan ke Pasar Klewer, Jangan Lupa Tengkleng Klewer Bu Edi!

Jalan-Jalan ke Pasar Klewer, Jangan Lupa Tengkleng Klewer Bu Edi!
Tengkleng. (Korinatour)

Jalan-jalan ke Solo rasanya belum lengkap kalau belum makan tengkleng. Ya, di kota batik ini tengkleng memang menjadi kuliner khas yang bisa bikin kangen. Hm, kayak apa sih rasa makanan ini?

Inibaru.id – Tengkleng merupakan salah satu kuliner yang harus kamu cicipi kalau berkunjung ke Solo, Jawa Tengah. Makanan berbahan dasar daging dan tulang kambing ini disukai lantaran rasanya yang enak.

Di kota ini pula, Tengkleng Klewer Bu Edi menjadi salah satu warung yang legendaris dalam menyajikan kuliner berbahan daging kambing tersebut.

Disajikan dalam daun pisang atau pincukan, tengkleng kian mengenyangkan dengan nasi di dalamnya. Santan, daun salam, daun jeruk, jahe, batang serai, dan aneka rempah menjadi bumbu-bumbu masakan ini.

Rasanya? Hm, lezat dan gurih! O ya, seporsi tengkleng Klewer Bu Edi dibanderol dengan harga sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu, Millens. Hm, lumayan mahal, tapi nggak apa-apalah sesekali. Lagipula, harganya sesuai dengan rasanya, kok. Ini juga tergantung isian apa yang kamu pilih.

https://solovely.id/wp-content/uploads/2018/12/tengkleng-1.jpg

Tampilannya menggugah selera makan, kan? (Solovely)

Bukan Daging, tapi Tulang

Tengkleng terbuat dari kambing. Namun, bukan dagingnya yang digunakan, melainkan tulang dan bagian lain dari kambing. Lo, kok?

Hm, ada sejarahnya, Millens! Konon, tengkleng dulunya hanya dikonsumsi bangsawan. Lantaran pengin mencicipi kelezatannya, rakyat lantas mengolah makanan ini dengan memanfaatkan sisa-sisa kambing yang disembelih.

Daging kambing untuk bangsawan, sedangkan sisanya yang tidak dipakai, mulai kaki hingga mata, dimanfaatkan warga.

Dalam sehari, Tengkleng Klewer berdiri sejak 1971 ini bisa menghabiskan 5-6 panci, lo. Ini berarti sekitar 40-50 ekor kambing.

Saat hari libur, kambing yang dikonsumsi meningkat hingga mencapai 60 ekor. Ckckck, laris manis!

Eh, sudahkah kamu mencicipi Tengkleng Bu Edi? Kalau belum, mampir dulu ke Pasar Klewer, yuk! Jangan lupa beli juga buat orang rumah, ya! (IB15/E03)