Buah Tangan dari Rembang untuk Keluarga Tersayang

Buah Tangan dari Rembang untuk Keluarga Tersayang
Dumbeg. (merahputih.com)

Rembang menjadi salah satu kabupaten tersibuk di Jateng selama arus mudik-balik Lebaran. Berada di wilayah pantura, kamu yang melalui jalur utara Jawa tentu akan melaluinya. Singgahlah sejenak untuk berburu buah tangan dari sana. Apa saja?

Inibaru.id – Jalan-jalan ke satu tempat rasanya nggak lengkap tanpa membawa buah tangan. Pun saat kamu mudik Lebaran. Nah, buat kamu yang belum sempat membeli oleh-oleh atau sengaja pengin berburu buah tangan khas dari jalur mudik yang kamu lalui, jajanan dari Rembang, Jawa Tengah, mungkin bisa menjadi salah satu tempat yang kamu tuju.

Seperti ditulis travelingyuk.com, Rembang memang kaya akan jajanan khas yang besar kemungkinan hanya ada di tempat tersebut. Apa saja ya kira-kira?

Baiklah, yang pertama yaitu Kue Satru. Menjadi salah satu kudapan paling khas dari Rembang, kue ini sekilas terlihat mirip dengan kue sagu. Bedanya, kue tersebut berbahan kacang hijau dan dicetak dalam bentuk bunga, daun dan lain-lain. Rasanya manis gula pasir dan gurih kacang hijau.

Kue Satru. (dailywuz.com)

Selanjutnya, ada Sirup Kawista. Sirup ini berasal dari buah kawis, buah langka yang konon hanya dapat tumbuh subur di Rembang. Siapa pun yang berkunjung ke Rembang pasti mencarinya. Rasanya manis, cenderung asam. Kamu nggak akan kesulitan mencari oleh-oleh satu ini di Rembang, karena yang jual banyak. 

Sirup Kawista. (Metrojateng.com)

Lalu, ada juga Jadah. Laiknya jadah di sejumlah tempat lain di Jateng dan DIY, penganan khas berbahan dasar beras ketan putih ini bercita rasa gurih. Dicetak persegi, jadah yang sudah siap makan biasanya dibungkus dengan  daun pisang sehingga aromanya lebih harum.

Jadah. (Bukalapak.com)

Buah tangan terakhir adalah Dumbeg. Makanan tradisional ini cukup populer di Rembang. Berbahan dasar tepung beras, air pohon nira, dan gula pasir, adonan dari ketiga bahan itu kemudian dimasak dengan santan. Dumeg kemudian dibungkus pakai daun lontar hingga membentuk kerucut, lalu dikukus.

Dumbeg. (rembangfokus.blogspot.com)

Nah, itu tadi beberapa makanan khas yang bisa kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Rembang. Jadi, nggak perlu bingung lagi ya Millens! (IB05/E03)