Berkenalan dengan Mides, Mi Kenyal Berbahan Singkong dari Yogyakarta

Berkenalan dengan Mides, Mi Kenyal Berbahan Singkong dari Yogyakarta
Olahan mides. (Instagram/hermawan_wardoyo)

Mides merupakan mi khas Kecamatan Pundong, Bantul. Jika kamu menjelajahi Yogyakarta, kuliner ini tentu sebaiknya nggak kamu lewatkan.

Inibaru.id – Seolah nggak kehabisan ide untuk berinovasi dalam kuliner, Yogyakarta hampir selalu punya menu baru untuk dicicipi. Jika kamu sedang jalan-jalan ke Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, mampirlah untuk mencicipi mides. Apakah itu?

Eh, tunggu dulu, meski namanya terkesan dari luar negeri, bahan makanan ini justru dibuat oleh warga setempat, lo. Mides merupakan akronim dari bakmi desa. Berbeda dengan kebanyakan mi yang menggunakan tepung gandum sebagai bahan dasar, mides dibuat dari tepung singkong.

Selain disebut mides, orang-orang juga kerap menyebutnya bakmi singkong atau mi pentil. Kamu yang ngaku sebagai penggemar mi, rasanya petualanganmu belum lengkap kalau belum mencicipi jenis mi ini. Ukurannya lebih besar dan teksturnya lebih kenyal.

Seporsi mides godog maupun mides goreng biasanya dijual dengan harga Rp 7.000 saja. Kalau pergi ke Pasar Pundong, kamu akan menjumpai orang-orang menyantap makanan ini dengan daun pisang sebagai wadahnya. Wah, wah, jadi pengin ikutan makan nih!

Kamu pengin membeli mides mentah dan mengolahnya sendiri? Bisa banget! Selamat berburu ke Bantul! (IB06/E03)