Kenalan sama Sosis Populer di Jerman: Frankfurter, Bockwurst, Beef Wiener, dan Bratwurst

Kenalan sama Sosis Populer di Jerman: Frankfurter, Bockwurst, Beef Wiener, dan Bratwurst
Currywurst menjadi salah satu kudapan khas Jerman yang menggunakan sosis jenis bratwurst. (Inibaru.id/ Artika Sari)

Sebagai salah satu negara yang menjadi produsen terbesar sosis, Jerman memiliki ribuan jenis sosis. Frankfurter, Bockwurst, Beef Wiener, dan Bratwurst adalah sejumlah nama sosis yang cukup ternama di sana. Apa beda keempatnya?

Inibaru.id – Jerman dikenal sebagai salah satu produsen sosis terbaik di dunia. Ada sekurangnya seribu jenis sosis di sana yang pastinya bisa menjadi surga bagi penggemar kuliner. Kalau kamu pengin mencicipi lezatnya sosis-sosis ini, nggak perlu jauh-jauh datang ke Jerman, lo. Kamu yang tinggal di Semarang bisa menikmatinya di Check Point Germany.

Mencicipi sosis di Check Point Germany rasanya kurang lengkap jika nggak sekalian berkenalan dengan jenis-jenis sosisnya. Gerai kuliner yang berada di lantai dua DP Mall Semarang ini menyediakan empat jenis sosis impor dari Jerman yang memanjakan lidah dan perut. Daripada “meraba-raba” bedanya, kenali dulu Frankfurter, Bockwurst, Beef Wiener, dan Bratwurst yang menjadi bahan utama menu-menu di sana, yuk.

Frankfurter

https://www.wuerzteufel.de/pictures/original/196_01.jpg

Frankfurter (wuerzteufel)

Frankfurter kerap disebut-sebut sebagai nenek moyang hot dog. Di Jerman, daging babi menjadi bahan utama pembuatan sosis ini, sementara bagian luarnya menggunakan usus domba. Untuk pasar Indonesia, produsen sosis biasanya mengganti campuran daging babi dengan daging sapi. Warna kemerahan dari daging menjadi ciri khas sosis ini. Tetapi, warna ini biasanya akan hilang saat proses pemanggangan, Millens.

“Panjang frankfurter ini sekitar 20 sentimeter dan teksturnya juga lembut,” jelas Ria, Kepala Pelayan Check Point Germany.

Bockwurst

https://www.ottossausage.com/wp-content/uploads/2017/08/ottos-brockwurst-600x387.jpg

Bockwurst (ottossausage)

Selain frankfurter, Bockwurst juga menjadi salah satu sosis yang populer di Jerman. Menurut legenda setempat, sosis ini diciptakan R Scholtz yang merupakan seorang pemilik restoran di Berlin.

Sosis dengan bentuk agak berisi ini dibuat menggunakan beberapa jenis daging cincang halus seperti daging kambing, sapi, babi, kalkun, dan ayam. Bahkan, ada pula yang menggunakan daging kuda, lo. Masyarakat Jerman biasanya menyantap bockwurst dengan mencelupkannya ke saus mustar didampingi bir bock.

“Bockwurst ini teksturnya lebih kenyal. Terus, juga mengandung sedikit rempah dan rasanya asin,” kata Ria.

Beef Wiener

http://www.euro-goodies.com/images/Sausage/Wiener_Lang_90g.jpg

Wiener (euro-goodies)

Di negara asalnya, wiener terbuat dari campuran daging sapi dan babi. Bentuk wiener ini beragam, ada yang ramping, ada yang sedikit berisi. Dibandingkan frankfurter, rasa sosis ini pun lebih kenyal. Di Check Point Germany, smoke beef dalam sosis ini pun lebih terasa dominan. Penasaran seenak apa? Kamu harus coba, ya!

Bratwurst

https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/aNKqAFb/barbecue-large-grill-outdoors-cookout-bbq-food-big-roasted-pork-bratwurst-german-sausages-white-polish-kielbasa-meat-grilled-meal-street-food-fast-food-slow-motion_bipybfmvx_thumbnail-full01.png

Bratwurst (videoblocks)

Kalau kamu pengin merasakan sensasi kenyalnya daging sekaligus hangatnya rempah-rempah, bratwurst cocok jadi pilihanmu. Tekstur sosis ini sedikit kasar, tapi lembut di mulut. Nggak kalah dengan wiener, smoke beef dalam bratwurst juga mampu menggoyang lidah. Seperti bockwurst, rasa bratwurst juga asin.

Duh, enak-enak nih, Millens! Ha-ha. (Artika Sari/E03)