Mencicip Kelezatan Penganan di Lima Warung Makan di Temanggung

Lima tempat makan di Temanggung ini tersohor, lo. Penasaran apa saja yang dijual?

Mencicip Kelezatan Penganan di Lima Warung Makan di Temanggung
Bakso lombok uleg dari Temanggung (blog.reservasi.com)

Inibaru.id – Sobat Millens sudah punya rencana untuk berlibur saat akhir pekan ini? Nah, kalau masih bingung, berwisata kuliner di Temanggung, Jawa Tengah, bisa menjadi pilihan yang asyik, lo. Di sana ada beberapa tempat makan yang populer kelezatan makanannya.

Tertarik mencoba? Sebagai panduan singkat, lima tempat makan di Temanggung ini bisa dijadikan pilihan kamu

1. Martabak Pak Munadi

Martabak Pak Munadi ini idola para penggemar martabak di Temanggung, Millens. Rasanya lezat sehingga banyak direkomendasikan. Martabak ini bisa kamu beli di sebelah timur Pasar Lor, tepatnya di samping Bank BPT Temanggung.

Kios Martabak Pak munadi buka setiap hari. Biasanya, martabak dijual pukul 17.00 – 22.00 WIB. Khusus hari Minggu, kios buka lebih awal karena pengunjung lebih banyak  membeli pada hari libur.

2. Bakso Lombok Uleg Khas Temanggung

Warung bakso ini sangat terkenal karena disajukan dengan cara berbeda dari olahan bakso pada umumnya. Yap, sesuai namanya, lombok uleg, yang berarti lombok atau cabainya langsung digerus atau diuleg di dalam mangkuk. Setelah itu, disiram kuah yang bening tanpa campuran lemak daging.

Rasanya nggak usah diragukan lagi, deh. Semangkuk bakso pedas dengan kuah hangat sangat cocok dimakan di daerah bersuhu cukup dingin seperti Temanggung. Bakso ini berada di sebelah barat Gedung DPRD di Alun-alun Temanggung. Warung bakso ini buka pukul 11.00 – 20.00 WIB.

3. Nasi Godog Pak Mul

Yang istimewa dari nasi godog ini adalah cara pembuatannya yang dimasak di atas tungku arang. Rasanya juga sedap dan gurih. Itu karena nasi dengan bakmi rebus dan irisan daging ini diguyur kuah kaldu ayam kampung dan campuran bawang putih, kecap, tomat, dan daun bawang. Agar lebih nikmat, kamu bisa menyantapnya dengan lauk tambahan berupa leher ayam kampung atau rempela ati.

 Kunjungi warung tersebut di depan BNI46 Temanggung yang bersebelahan dengan Apotek Krisna. Nasi Godog Pak Mul hanya buka ketika malam yaitu pukul 19.00 sampai 24.00 WIB.

4. Gudeg Bioskop Temanggung

Di belakang Bioskop Permata Temanggung yang sudah tidak lagi beroperasi, ada warung gudeg yang cukup terkenal karena rasanya yang lezat. Warung tersebut adalah Gudeg Bioskop Bu Pujo. Warung itu sudah berjualan sejak 1951, lo.

Nah, yang membuat gudeg ini laris adalah sambel kreceknya yang cukup pedas karena ada campuran cabai utuh yang kalau tergigit bisa membuat dahi mengerenyit. Tapi, justru rasa pedas itulah yang bikin ketagihan. Lauk daging ayam, telur, tempe, menambah kenikmatan sajian gudeg tersebut.

5. Brongkos Kikil Kepala Kambing Mbak Nok

Lokasinya di Desa Menggoro, Kecamatan Tembarak, sekitar 10 km ke arah Gunung Sumbing. Di sana tersedia olahan brongkos kambing mulai dari kepala, kaki, lidah, dan balungannya. Warung Mbak Nok ini buka setiap hari dari pagi hingga pukul 19.00 WIB.

Harga brongkosnya pun bermacam-macam, setengah kepala kambing dihargai sekitar Rp 50 ribu, satu buah lidah kambing seharga Rp 30 ribu sampai Rp40 ribu dan kaki kambing sekitar Rp15 ribu. Harga bergantung atas besar-kecil ukurannya. (IB06/E02)