Es Hawa, Kuliner Jadul nan Langka yang Bikin Kangen Masa Kecil

Menikmati es di teriknya siang bisa jadi pilihan buatmu. Jika beruntung, kamu bisa menemukan es hawa di Kota Semarang yang sudah ada sejak dulu. Apa sih es hawa? Yuk cari tahu!

Es Hawa, Kuliner Jadul nan Langka yang Bikin Kangen Masa Kecil
Es hawa berbagai rasa yang dilapisi cokelat cair. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Inibaru.id - Siapa yang masih ingat dengan es jadul yang satu ini? Buatmu yang melewati masa kecil di tahun 80-90an pasti tahu dengan es yang satu ini. Yup, es hawa. Es jadul ini populer di Kota Semarang karena kesegaran dan harganya yang murah. Cuma dengan Rp 2 ribu, kamu bisa menikmati es ini di tengah teriknya Kota Semarang.

Proses pembuatan es hawa. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Dibuat dari santan kelapa dan gula pasir, es hawa bercita rasa manis dan sedikit gurih. Campuran bahan es yang masih cair lalu dimasukkan dalam cetakan berbentuk balok dan tabung yang terbuat dari alumunium dan diberi tusuk terbuat dari bambu. Selanjutnya cetakan dimasukkan dalam lubang pendingin berisi bongkahan es yang berfungsi untuk membekukan es.

Cetakan es hawa yang berbentuk balok dan tabung yang kemudian dimasukkan dalam bongkahan es setelah diisi campuran es yang masih cair. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Nggak perlu waktu lama, es yang sudah jadi akan langsung dikeluarkan dari cetakan. Sebelum disajikan, es hawa akan dicelupkan dalam cokelat leleh yang akan langsung membeku begitu terkena permukaan es hawa. Es ini tersedia dalam tiga varian rasa yaitu cokelat, vanilla dan stroberi. Tinggal pilih mana yang kamu suka.

Menyaksikan proses pembuatan es hawa secara langsung oleh penjualnya. (Inibaru.id/ Annisa Dewi) 

Dibuat langsung di gerobak dorong, proses pembuatan es hawa akan jadi pertunjukan yang menarik buatmu, Millens. Mulai dari menuangkan adonan hingga proses pembekuannya yang semuanya bisa kamu saksikan dalam satu waktu.

Menurut sang penjual yang sudah berjualan selama 30-an tahun ini, nama es hawa diperoleh karena adanya sejarah bahwa es ini dulunya diproduksi suatu kampung di daerah Purwodinatan yang disebut Kampung Hawa. Jadilah nama ini melekat hingga sekarang walaupun pembuatnya nggak lagi warga Kampung Hawa.

Penampakan es hawa dengan berbagai macam rasa. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Untuk mendapatkan es ini cukup sulit Millens, karena menurut si penjual hanya ada dua penjual di Kota Semarang ini. Dengan menggunakan gerobak, penjual es hawa biasanya berkeliling dengan rute Pasar Johar, Telogorejo hingga belakang Kantor Balaikota Semarang sekitar pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Nah buat kamu yang kangen masa kecil, bisa banget berburu es yang satu ini ya. Selamat berburu, Millens! (Zulfa Anisah/E05)