Bolu Jeruk, Kue Empuk untuk Berbuka Puasa

Ingin menu takjil yang berbeda? Kamu bisa mencoba membuat bolu jeruk. Teksturnya yang ringan dan empuk cocok bagi semua kalangan usia. Rasanya menyegarjan, cara membuatnya juga mudah!

Bolu Jeruk, Kue Empuk untuk Berbuka Puasa
Bolu Jeruk (sindonews.com)

Inibaru.id - Saat berbuka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu kala sedang berpuasa. Setelah menahan lapar dahaga seharian, tentu Sobat Millens ingin berbuka dengan menu takjil yang nikmat. Biasanya, aneka es, kolak, dan gorengan menjadi pilihannya.

Nah, jika kamu bosan dengan menu yang itu-itu saja, nggak ada salahnya kamu berbuka dengan kue bolu. Yap, kue tersebut biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan dan fluffy daripada kue pada umumnya. Ini cocok untuk kamu yang nggak suka langsung makan berat. Salah satu jenis bolu yang populer dan harus kamu coba cicipi untuk berbuka adalah bolu jeruk.

Jeruk dalam kue dipastikan akan memberikan rasa segar pada bolu yang umumnya lekat dengan rasa susu. Hm, penasaran gimana rasanya? Bikin sendiri saja, yuk! Tenang, bahan-bahannya gampang didapatkan, kok.

Jeruk, buah segar yang "mempercantik" kue bolu dari segi rasa maupun tampilan. (bibamagazine.fr)

Nah, berikut ini ada resep bolu jeruk yang bisa kamu coba mengutip dari id.tastemade.com.

Bahan:

  • 60 g mentega tawar
  • 195 g tepung terigu
  • 9 butir telur
  • 195 g gula
  • 5 g garam
  • 60 ml sirup jeruk
  • Irisan kulit jeruk secukupnya

Parutan kulit jeruk. (wikihow.com)

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 180°C. Oleskan mentega pada loyang kue bentuk bundar atau nampan persegi panjang. Letakkan kertas kue ke dalam loyang; oleskan mentega pada kertas dan taburkan sedikit tepung.
  2. Didihkan sirup jeruk dengan api kecil hingga volume berkurang, lalu dinginkan.
  3. Kocok kuning telur bersama gula di dalam mangkuk yang diletakkan di atas air mendidih, kocok hingga larut dan campuran terasa hangat. Angkat lalu kocok dengan mixer hingga warnanya terlihat pucat dan teksturnya cukup tebal. Masukkan sirup jeruk yang telah dididihkan, parutan kulit jeruk, dan garam. Pindahkan ke mangkuk besar!
  4. Kocok putih telur dengan mixer hingga berbusa halus. Perlahan tambahkan gula yang tersisa, kocok hingga terlihat padat dan tekstur terlihat mengkilat. Campurkan sepertiga adonan putih telur ke dalam mangkuk, adonan kuning telur, kocok, lalu campurkan kembali sisa adonan putih telur. Taburkan tepung secara perlahan ke atas adonan. Saat adonan hampir tercampur, tuangkan mentega cair, aduk hingga tercampur dan terlihat halus.
  5. Masukkan adonan ke dalam loyang atau nampan. Panggang selama 25 menit untuk loyang bundar, atau 15 menit untuk nampan persegi panjang.
  6. Bolu jeruk sudah siap untuk disajikan.

Oya, agar bolu yang dihasilkan bertekstur lembut, pastikan menggunakan tepung terigu sesuai takaran. Jika terlalu banyak, hasil bolunya akan “berat”.

Kamu juga bisa mengolesi bolu jeruk dengan krim gula atau menambahkan gula cair di bagian atasnya dan menghiasnya dengan potongan buah jeruk kalengan atau parutan kulit jeruk sebagai topping. Hiasan yang cantik membuat bolu jerukmu lebih menarik dan menggoda untuk disantap.

Kue bolu jeruk. (top10resepmasakan.blogspot.com)

Selamat berkreasi ya, Millens! (IB05/E03)