Berbuka dengan yang Manis, Berbuka dengan Asida

Aromanya wangi banget. Rasanya manis, legit dan kenyal. Cara bikinnya juga mudah. Inilah asida, kue khas Arab yang bisa jadi teman kita saat berbuka.

Berbuka dengan yang Manis, Berbuka dengan Asida
Asida. (digest.bellafricana.com)

Inibaru.id - Ada beragam takjil manis yang sudah sering kita tahu, misalnya kolak, bubur dan puding. Namun, mungkin yang satu ini kamu belum kenal. Namanya Asida. Penganan manis yang juga biasa disebut Asidah ini merupakan jajanan dengan tekstur kenyal seperti dodol.

Asida adalah kue yang berasal dari Arab. Di Arab dan Afrika Utara, makanan ini sering digunakan sebagai menu sarapan dan camilan pada malam hari menjelang tidur. Sementara, di Indonesia, kamu bisa menjumpainya di restoran bergaya Timur Tengah. Kue ini sudah nggak asing di kalangan warga keturunan Arab dan Ambon.

Asida. (libyanfood.blogspot.com)

Biasanya, asida dimakan bebarengan dengan minyak samin dan air gula. Bersama teh hangat manis juga sedap. Nah, penasaran dengan cara bikinnya? Nggak sulit kok. Yuk,kita praktikkan bareng-bareng resep kue yang kentara aroma wangi kayu manis dan adas manis ini dari blog widhiaanugrah.com.

Bahan-Bahan:

  • 1 kg tepung terigu
  • 1 kg gula merah
  • 1 sdm gula pasir
  • 7 gelas air
  • 150 gr mentega
  • 1 batang kayu manis
  • ¼ sdm bubuk kapulaga
  • ¼ sdm bubuk adas manis

Cara membuat:

  1. Panaskan hingga larut gula merah, gula pasir dan 7 gelas air. Jangan lupa masukkan pula batang kayu manis. Kalau sudah cair, kita saring.
  2.  Masukkan air gula merah tadi ke wajan, masukkan kapulaga dan adas manis. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil kita aduk.
  3.  Aduk terus sampai tepung mengental dan menggumpal.
  4. Setelah agak padat dan mulai sulit diaduk, baru kita angkat.
  5. Sajikan segera dalam beberapa piring dengan cara dibentuk menggunung (dalam keadaan panas). Kemudian lubangi atasnya (berbentuk kawah). Masukkan mentega ke dalamnya, biarkan meleleh.

Asida. (libyanfood.blogspot.com)

Gimana, gampang bikinnya, kan, Millens? Dibanding bikin dodol, kayaknya bikin asida lebih mudah, deh. Selamat berbuka dengan si manis asida! (IB20/E03)