Berbuka dengan Granola Bars, Takjil Sehat Pengembali Energi

Mengonsumsi granola bars bisa membuat perut kenyang lebih lama plus segudang manfaat bagi kesehatan. Cara membuatnya pun gampang banget.

Berbuka dengan Granola Bars, Takjil Sehat Pengembali Energi
Granola Bars. (Guiafitness.com)

Inibaru.id - Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk “berlari kencang” dalam beribadah. Namun, nggak jarang camilan takjil yang ngasal membuat badan rentan sakit. Nah, buat kamu yang pengin camilan sehat, praktis, dan mengenyangkan, cobalah bikin sendiri Granola Bars.

Granola adalah makanan yang berupa campuran biji-bijian, oat, buah kering, dan madu. Bahan-bahan itu kemudian dipanggang hingga renyah. Granola biasa dimakan untuk sarapan atau bekal saat perjalanan jauh.

Nah, biar gampang dibawa, dibuatlah granola bars. Caranya mudah, kok. Bahan campurannya juga terserah selama masih nyambung dan tentunya menyehatkan. Kamu bisa menggunakan oatmeal, kurma, kismis, apricot, almond, wijen, bunga matahari, dan lain-lain.

Ganola bars. (lemonilo.imgix.net)

Nggak sulit kok bikin granola bars. Seperti ditulis laman blog justtryandtaste.com, kamu hanya perlu menyiapkan 130 gram oatmeal instan, 30 gram tepung oatmeal yang diblender, 370 gram biji-bijian dan buah kering, 70 gram selai kacang, serta 150 mililiter madu.

Pertama, campurkan oatmeal, biji-bijan, dan buah kering menjadi satu. Buah-buahan kering sebaiknya kamu iris sekecil mungkin biar mudah dipadatkan nantinya. Kemudian sisihkan campuran bahan kering ini.

Granola Bars. (cassieeverett.com)

Kedua, siapkan wadah, lalu masukkan minyak zaitun, selai kacang, madu, gula, garam, dan air, kemudian aduk hingga menjadi larutan yang smooth. Setelah itu, tuangkan campuran ini pada campuran bahan kering tadi ya, Millens!

Ketiga, panggang adonan granola bars yang telah tercampur rata tersebut. Sebelum dimasukkan ke oven bersuhu 180 derajat Celsius, padatkan adonan dalam loyang agar gampang diiris. Panggang selama 25-30 menit atau hingga permukaannya mulai kecoklatan.

Granola Bars. (taste.com.au)

Jika sudah matang, tunggu granola bars dingin, baru diiris menjadi batangan. Namun, biar nggak hancur, jangan terlalu kecil memotongnya, ya, Millens.

Mengonsumsi granola kala puasa bagus untuk melancarkan pencernaan lantaran kandungan seratnya yang tinggi. Camilan praktis ini juga mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang cocok untuk memperbaiki asupan energi yang selama berpuasa.

Penelitian menyebutkan, granola juga mampu menurunkan berat badan, kolesterol, dan membantu menjaga kestabilan gula darah. So, takjil sehat saat berbuka, kenapa nggak? (IB20/E03)