Penyajian di Mangkuk Berbeda yang Bikin Soto Gerabah Solo Layak Kamu Coba

Penyajian di Mangkuk Berbeda yang Bikin Soto Gerabah Solo Layak Kamu Coba
Soto Gerabah Solo. (Indonesiakaya)

Puluhan resep soto daerah bisa kamu temukan di Indonesia, karena hampir tiap tempat memiliki sotonya sendiri. Nah, kalau berkunjung ke Solo, wajib hukumnya mencicipi Soto Gerabah. Apa istimewanya?

Inibaru.id – Entah dari kota mana soto berasal. Namun, hampir tiap kota memiliki hidangan berkuah nan menyegarkan ini, tentu saja dengan kekhasannya masing-masing, nggak terkecuali Solo, Jawa Tengah. Bersanding dengan nasi liwet dan timlo, Kota Budaya ini punya satu menu soto bening yang banyak dijual di pinggir jalan.

Nah, kalau pengin yang sedikit unik, cobalah Soto Gerabah Solo. Keistimewaan tempat makan yang ada Jalan Prof Dr Soepomo No 57 Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo ini terletak pada gimana mereka menyajikan hidangan berkuah tersebut, yakni di atas tembikar atau gerabah.

Dengan peralatan tembikar, Soto Gerabah terlihat lebih menarik. Travelingyuk/Rizky Nusantara)

Nggak hanya mangkok, peralatan memasak soto pun terbuat dari gerabah, mulai dari kuali hingga centong. Sendok dan gelasnya pun setali tiga uang.

Konon, soto yang disajikan pada tembikar menciptakan rasa yang lain, berbeda dengan ketika disajikan di atas mangkuk kaca atau keramik.

Soto Ayam

Laiknya kebanyakan soto di Semarang, Solo, dan Yogyakarta, soto gerabah juga disajikan bersama nasi, bihun, dan suwiran ayam, dalam satu mangkok, yang kemudian diguyur dengan kuah bening. Rasa yang nggak mungkin tertinggal dalam soto gerabah adalah aroma bawang putih yang pekat.

Soto bening yang "ditemani" dengan pernak-perniknya. (Indonesiakaya)

Saat menyajikan, soto bakal disandingkan dengan tempe, perkedel, atau sate telur puyuh. Kamu juga bisa menambahkan kecap, jeruk nipis, dan sambal yang diletakkan pada tempat tersendiri.

Seporsi soto yang dibanderol sekitar Rp 10 ribu. Sembari menikmati soto, kamu bakal ditemani alunan musik keroncong yang kian bikin adem suasana, cocok untuk liburan keluarga! So, kapan mau ke sini? (IB24/E03)