Berbeda dengan Eropa, Beginilah Table Manner Ala Jepang

Berbeda dengan Eropa, Beginilah Table Manner Ala Jepang
Orang jepang memiliki beberapa etika khusus saat makan. (livejapan.com)

Etika makan di setiap negara berbeda-beda. Jika di sebagian negara makan hingga menimbulkan suara dianggap nggak sopan, Jepang justru memperbolehkan ini, lo. Hm, biar nggak salah paham dan dianggap nggak sopan, pelajari dulu yuk bagaimana table manner ala Negeri Sakura ini.

Inibaru.id – Prancis memang dikenal sebagai tempat lahirnya table manner atau etika dan sikap di meja makan. Namun, jangan salah, negara ini juga bukan satu-satunya yang jadi patokan, lo.

Adanya perbedaan budaya tentu bikin etika makan juga nggak sama, contohnya di Jepang. Berikut lima hal yang perlu diperhatikan saat makan ala Jepang.

Mengucapkan Selamat Makan

https://jpninfo.com/wp-content/uploads/2017/04/conveyor-belt-sushi.jpg

Orang Jepang terbiasa mengucapkan "selamat makan" pada orang di sekelilingnya. (Jpninfo)

Sebelum makan, orang Jepang punya kebiasaan mengucapkan selamat makan. Sesudah selesai makan pun mereka akan mengucapkan pujian untuk tuan rumah.

Handuk Hangat

https://www.rd.com/wp-content/uploads/2017/08/Attention-Sushi-Lovers-There-Are-Rules-About-Eating-Japanese-Food-That-You-Must-Follow_694582861-760x506.jpg

Handuk dan air hangat kerap disuguhkan untuk tamu. (Rd)

Nah, handuk hangat ini fungsinya bukan untuk mengelap wajah atau leher, ya, Millens. Ini sekadar untuk cuci tangan. Jadi, kalau kamu menumpahkan sesuatu di meja, jangan gunakan handuk ini juga. Nggak sopan!

Kecap Asin

https://pogogi.com/sites/default/files/styles/normal_size/public/sushi%20donut.jpg?itok=4pGT8Bgv

Kecap asin ditaruh di mangkuk, jangan langsung dituang di makanan ya. (pogogi.com)

Di Indonesia, menuangkan saus atau kecap ke makanan adalah hal yang lumrah. Namun ini nggak berlaku, lo, saat kamu berada di Jepang. Kalau pengin makan dengan kecap asin, tuang dulu kecapnya ke mangkuk saus dan celupkan makanamu ke sana ya.

Makan Mi Hingga Bersuara

http://www.youcojapan.com/wp-content/uploads/2015/11/Japanese-people-slurp-noodles-1.jpg

Makan mi hingga bersuara justru dianjurkan di Jepang. (Youcojapan)

Di Indonesia, menyeruput mi hingga menimbulkan suara dianggap kurang etis. Ini nggak berlaku kalau kamu berada di Jepang, lo. Di sana, kamu justru disarankan melakukannya. O ya, meski boleh makan dengan suara berisik, jangan berserdawa seenaknya ya.

(Baca Juga: Sempat Jadi Bahan Cemoohan, Beginilah Sejarah Table Manner!)

Perbedaan budaya memang sering bikin kaget, tapi bukan berarti ini sulit untuk diikuti. Nah, kalau pengin dihormati, tentunya kamu juga perlu menghormati orang lain dengan mengikuti cara mereka. Seperti pribahasa, di mana bumi dipijak, di situ pula langit dijunjung. Sepakat, kan? (IB15/E03)