Berbahan Dasar Tapai, Manis dan Asam Menyatu Dalam Rondo Royal

Berbahan Dasar Tapai, Manis dan Asam Menyatu Dalam Rondo Royal
Rondo royal tanpa isian gula merah. (Tribunnews)

Suka ngemil gorengan? Well, kamu harus coba gorengan khas Jepara satu ini, yaitu rondo royal. Yap, namanya yang unik konon memiliki beberapa kisah, lo.

Inibaru.id – Selain pindang serani, Kabupaten Jepara di Jawa Tengah memiliki camilan dengan nama yang unik, yaitu Rondo Royal. Bagi kamu yang berasal dari luar kabupaten ini, nama tersebut tentu terdengar aneh di telinga. Padahal, jika sudah melihat rupanya, kamu mungkin akan teringat gimana menyebut nama panganan ini di daerahmu.

Dalam bahasa Jawa, rondo berarti janda, sementara royal berarti mewah. Ada pula kisah yang menyebutkan bahwa rondo sebenarnya berasal dari kata “rodo” atau “mondo”  yang dalam bahasa Indonesia berarti “menyerupai”. Nama ini lahir karena keinginan orang menyantap camilan enak yang mirip makanan mewah, tapi berbahan murah.

Nah, dari situ muncullah nama rondo royal yang berbahan tapai uli dan tepung beras. Bahan dasar itu membuat rasa penganan tersebut didominasi manis dan asam. Hm, perpaduan unik ini dijamin bakal menggoyang lidah dan bikin kamu ketagihan. 

Gula jawa dan tapai bakal memberi sensasi rasa yang unik di lidahmu. (Tribunnews)

Bahan yang mudah didapatkan memungkinkanmu untuk membuat sendiri penganan ini. Caranya gampang, kok. Kamu cuma perlu membuat tapai jadi adonan, lalu dibentuk bulatan-bulatan. Untuk variasi, kamu bisa mengisi bagian tengah adonan itu dengan gula jawa, keju, atau meses.

Setelah siap, kamu bisa membuat adonan tepung terigu dengan menambahkan air agar mengental. Setelah itu, celupkan tapai, lalu goreng hingga matang.

Supaya ngemilmu makin nikmat, jangan lupa siapkan teh hangat ya! Hm, bersantai usai lelah bekerja jadi tambah menyenangkan dengan rondo royal.

Eits, tapi ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsinya ya, Millens. Mengingat makanan ini termasuk gorengan, jangan abaikan olahraga juga supaya kolestorelmu tetap terjaga. Selamat mencoba! (IB15/E03)