Benarkah Sering Makan Telur Rebus Bisa Bikin Gemuk?

Benarkah Sering Makan Telur Rebus Bisa Bikin Gemuk?
Ilustrasi telur rebus. (Flickr/ Ritesh Man Tamrakar)

Memiliki tubuh ideal adalah impian banyak orang. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menghindari makanan berlemak. Hal ini membuat banyak orang memilih untuk menghindari telur rebus. Hanya, apakah benar jika makanan ini bisa bikin gemuk?

Inibaru.id - Kalau kamu ingin menurunkan berat badan, seharusnya mengonsumsi makanan yang bergizi dan menghindari makanan yang mengandung lemak dan tinggi kalori. Hanya, apakah hal ini berarti kamu harus menghindari telur rebus?

Ternyata, hal tersebut nggak sepenuhnya benar, lo. Meski memiliki kandungan lemak dan kalori, telur rebus ternyata direkomendasikan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kok bisa? Yuk, simak penjelasannya.

Telur Rebus Rendah Kalori

Telur rebus rendah kalori. (Flickr/

vanessa lollipop)
Telur rebus rendah kalori. (Flickr/ vanessa lollipop)

Tak perlu khawatir akan gemuk jika makan telur rebus. Ternyata, satu telur rebus besar hanya mengandung kurang dari 78 kalori, lo. Ditambah lagi, pengolahan telur rebus juga tidak menggunakan lemak atau minyak sehingga nggak akan menambah kadar kalorinya.

Agar lebih sehat, konsumsilah telur rebus dengan sayuran dan karbohidrat berkalori rendah seperti kangkung dan kentang. Mengonsumsi telur rebus juga bisa dijadikan pengganti makanan berlemak tinggi, lo.

Meningkatkan Metabolisme

Makan telur rebus bisa meningkatkan metabolisme. ( Flickr/Edsel Little)
Makan telur rebus bisa meningkatkan metabolisme. ( Flickr/Edsel Little)

Telur rebus mengandung kolin yang dapat membantu mengelola lemak di dalam saluran pencernaan. Kandungan ini juga bisa mencegah penumpukan lemak dalam tubuh, Millens. Selain itu, telur rebus juga tinggi kadar adiponectin yang bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh, pembakaran lemak, dan meningkatkan respons insulin.

Tinggi Protein

Telur rebus tinggi protein. (Flickr/

Amy Stephenson)
Telur rebus tinggi protein. (Flickr/ Amy Stephenson)

Protein sangatlah penting untuk kesuksesan program diet. Telur rebus bisa dijadikan sumber protein yang mendukung keberhasilan penurunan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan telur dalam membuat perut kenyang lebih lama. Kamu pun nggak akan mudah tertarik untuk ngemil makanan yang tidak sehat.

Cocok Untuk Sarapan

Telur rebus cocok untuk sarapan (Flickr/

El Gran Dee)
Telur rebus cocok untuk sarapan (Flickr/ El Gran Dee)

Daripada mengonsumsi nasi goreng yang tinggi kalori, lebih baik sarapan dengan telur rebus dan sayuran untuk menyalakan energi, Millens. Makan telur rebus juga  bisa membuat perut kamu kenyang, kok.

Melihat fakta ini, nggak perlu takut lagi untuk makan telur rebus. Nggak akan bikin berat badan naik, kok, Millens. (Kom/IB24/E07)