Benarkah Sayur Lodeh Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh?

Benarkah Sayur Lodeh Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh?
Sayur Lodeh. (Unilever Food Solutions)

Beberapa saat lalu, viral kabar yang menyebut sayur lodeh bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh sekaligus mencegah virus. Apakah kabar ini memang benar?

Inibaru.id - Beberapa waktu lalu, sayur lodeh sempat viral di media sosial. Hal ini disebabkan adanya informasi yang menyebut sayur lodeh tujuh warna bisa menangkal pagebluk atau wabah penyakit. Bahkan, informasi ini dikabarkan berasal dari saran Sri Sultan Hamengkubuwono X. Sayangnya, setelah ditelusuri, info ini ternyata nggak tepat, Millens.

Meski Sri Sultan nggak pernah menyebut sayur lodeh bisa menangkal pagebluk, dalam realitanya sayur lodeh memang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.  

Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Aviria Ermamilia menegaskan bahwa makan sayur lodeh tidak akan secara langsung bisa mencegah virus corona. Hal ini disebabkan oleh pencegahan virus yang sangat bergantung pada sistem imun tubuh. Padahal, hingga saat ini nggak ada penelitian yang membuktikan bahwa sayur lodeh bisa mencegah virus.

“Tidak bisa secara khusus lodeh menangkal corona karena ini kaitannya dengan imunitas. Tapi makanan memang menyumbang dalam sistem kekebalan tubuh,” kata Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM tersebut pada Senin (27/4/2020)

Kendati demikian, Aviria memandang adanya sisi positif dari berita hoaks tersebut. Masyarakat yang biasanya tak mengonsumsi sayur jadi mau lebih sering mengonsumsinya karena ingin terhindar dari Covid-19.

Aviria mengatakan bahwa sayur lodeh memang baik untuk kesehatan karena mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Jenis sayuran yang dipakai juga cukup banyak sehingga tinggi kandungan nutrisi.

Sayur lodeh yang nikmat dan digemari banyak orang (masakapaya)
Sayur lodeh yang nikmat dan digemari banyak orang (masakapaya)

Komposisi isian di sayur lodeh adalah kluwih, terong, labu, kacang panjang, daun melinjo, kulit buah melinjo, dan tempe. Semua bahan yang ada di sayur lodeh tersebut mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Terong dan daun melinjo kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Kacang panjang adalah sumber protein nabati yang kaya akan asam folat. Sementara itu, labu kuning tinggi karbohidrat kompleks dan serat.

Keberadaan santan sebagai kuah sayur lodeh juga bisa memberikan manfaat kesehatan. Meski begitu, santan juga tidak boleh diolah terlalu lama karena memiliki kandungan lemak jenuh. Jika dikonsumsi dengan berlebihan, santan juga bisa meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Aviria pun menyarankan masyarakat untuk rutin mengonsumsi sayuran, termasuk sayur lodeh karena tinggi vitamin, mineral, dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Memakannya juga erbukti bisa meningkatkan metabolisme dan pencernaan. Semakin sehat pencernaan, semakin kuat pula sistem imun tubuh.

Melihat fakta ini, jangan lupa rutin makan sayur setiap hari, ya Millens. Biar selalu sehat! (Rep/IB24/E07)