Bakal Kena Denda Kalau Kamu Sisakan Makanan di Bar.B-Q Semarang

Bakal Kena Denda Kalau Kamu Sisakan Makanan di Bar.B-Q Semarang
Menghargai makanan dengan tidak menyisakan makanan yang diambil. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Kebiasaan buruk masyarakat yang kerap menyisakan makanan masih sering ditemui hingga sekarang. Untuk mengantisipasi hal itu, Bar.B-Q Semarang punya cara tersendiri. Seperti apa?

Inibaru.id- Saat seseorang dibebaskan mengambil makanan sepuasnya, dia cenderung mengambil makanan sebanyak-banyaknya. Sayang, nggak selalu yang diambil itu dihabiskan. Ini acap terjadi di restoran berkonsep all you can eat.

Keleluasaan mengambil makanan yang diinginkan sepuas-puasnya memang menimbulkan kecenderungan orang jadi seenaknya tanpa berpikir kemampuan perut menampung makanan.

Namun, ini nggak berlaku untuk salah satu restoran berkonsep all you can eat di Semarang, Bar.B-Q. Restoran barbeku ini mengenakan denda bagi pelanggan yang menyisakan makanan. Denda yang dibebankan pun nggak main-main, yakni Rp 50 ribu per 100 gram makanan yang tersisa.

Pengelola Bar.B-Q Mayora Cynthia mengatakan, ini dilakukan agar pengunjung menghargai makanan. Menurutnya, sebagian besar restoran all you can eat di Indonesia sudah memakai sistem ini.

"Kami sampaikan sedari awal, pengunjung bisa mengambil makanan sepuasnya, tapi harus dihabiskan," tutur Cynthia, panggilan akrabnya, kepada Inibaru.id belum lama ini.

Namun, karena di Semarang aturan semacam itu masih dianggap asing, dia mengaku sempat diprotes pengunjung.

"Ya, waktu kami terapkan, banyak tamu yang protes," terangnya.

Makan barbeku di Bar.B-Q Semarang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Kendati menerapkan sistem denda semacam itu, Cynthia mengaku, pihak restoran sebetulnya nggak terlalu ketat dalam aturan tersebut.

“Kami lihat dulu, kalau masih wajar, ya, kami biarkan. Namun, kalau sudah parah banget, seperti diceh-ceh ya kami tindak,” tegas Cynthia.

Zero Food Waste

Gerakan nggak menyia-nyiakan makanan atau acap disebut zero food waste memang tengah marak di dunia. Di Indonesia, beberapa restoran di kota-kota besar macam Jakarta juga mulai menerapkan konsep semacam ini. Tiongkok, Qatar, Jerman, dan banyak negara, khususnya negara maju, juga setali tiga uang.

Sejumlah orang sering menyisakan makanannya. (Qraved)

Cara ini cukup efektif mengurangi makanan yang terbang sia-sia. Di Indonesia, FAO pernah menyebutkan, sekitar 13 juta metrik ton makanan terbuang setiap tahunnya. Bila digunakan dengan baik, jumlah tersebut bisa dipakai untuk memberi makan 28 juta orang. Sayang banget, kan?

(Baca Juga: Bisa Barbekuan Sampai Kenyang di Bar.B-Q Semarang)

So, mulai sekarang belajarlah menghargai makanan, Millens. Nggak hanya melakukan itu agar nggak kena denda, tapi ada baiknya kebiasaan itu diterapkan di mana saja dan kapan saja. Kalau terbuang kan eman-eman! (Ida Fitriyah/E03)

 

Bar.B-Q

Kategori          : Restoran

Alamat            : Jalan Sisingamangaraja No 43, Candisari, Semarang

Jam Buka         : 11.00-22.00 WIB

Harga              : Rp 139.000 s/d Rp 299.000