Begini Beda Masakan Padang yang Kamu Beli di Sini dengan di Tempat Aslinya

Begini Beda Masakan Padang yang Kamu Beli di Sini dengan di Tempat Aslinya
Masakan Padang di daerah asalnya ternyata beda lo dengan masakan padang yang ditemukan di luar daerah. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Orang Sumatera Barat asli bakal menemukan masakan Padang yang ada di tanah rantau berbeda dengan masakan Padang di daerah asalnya. Apa saja ya perbedaannya?

Inibaru.id – Meski namanya adalah masakan Padang, sebenarnya masakan ini berasal dari wilayah Sumatera Barat. Satu hal yang pasti, masakan Padang sangatlah terkenal karena rasanya yang enak dan mudahnya dicari di berbagai wilayah Tanah Air. Sebenarnya ada lo perbedaan masakan Padang yang dibeli di tempat kamu tinggal dengan masakan Padang yang kamu cicipi di tempat asalnya. Apa ya?

Kalau kamu beruntung bisa mencicipi masakan Padang langsung di Sumatera Barat, pasti bakal menemukan hal-hal unik berikut ini. Coba deh, simak!

1.       Nasi dan Cabainya Berbeda

Kamu tahu nggak kalau banyak orang Sumatera Barat yang merasa kalau nasi dalam masakan Padang yang dicicipi di luar daerahnya berbeda dari yang biasa mereka makan?

Contohnya begini, Millens. Kalau mereka makan masakan Padang di Jawa, bakal terasa kalau nasinya cenderung nggak pulen. Nah, kebanyakan masakan Padang yang ada di daerah asalnya itu nasinya cenderung pulen dan lebih lengket.

Nggak hanya nasi, cabainya ternyata juga terasa berbeda, Millens. Kabarnya sih, ya, cabai masakan Padang khas Sumatera Barat nggak bakal bisa kamu temukan selain di sana. Rasa cabai ini manis dan pedas dengan warna yang merah.

Rasa masakan Padang disesuaikan dengan selera pelanggan di tempat restorannya berdiri. (Twitter/all_foryu)
Rasa masakan Padang disesuaikan dengan selera pelanggan di tempat restorannya berdiri. (Twitter/all_foryu)

Gara-gara hal ini, banyak orang asli Sumatera Barat yang membuka bisnis masakan Padang memilih untuk “mengimpor” cabai ini dari daerah mereka. Kalau hal ini membuat biaya produksi akhirnya jadi lebih mahal, maka mereka bakal mengganti cabai ini dengan cabai lokal dengan rasa yang mirip seperti cabai hijau. Namun tetap saja hal ini akan membuat rasanya nggak sama dengan masakan Padang dari daerah asli.

2.       Sensasi Pedasnya Nggak Sama

Jadi, ternyata tingkat kepedasan masakan Padang yang ada di luar daerah asalnya disesuaikan dengan selera masyarakatnya, lo. Gara-gara ini, banyak orang Sumatera Barat yang merasa masakan Padang yang mereka pesan di daerah lain nggak pedas sama sekali. Padahal, bagi mereka, kekuatan rasa pedas adalah salah satu ciri khas dari masakan Padang.

3.       Lauknya Juga Beda

Kalau kamu memesan ayam di tempat masakan Padang, bakal disuguhi berbagai macam pilihan seperti ayam pop, ayam bakar, dan lain-lain. Nah, kalau di tempat aslinya, ayam-ayam ini nggak ada lagi kulitnya, Millens.

Kekentalan kuah gulainya juga sangat berbeda, lo. Kalau di tempat masakan Padang di luar Sumatera barat, kuah gulainya cenderung lebih encer. Beda kalau di daerah aslinya yang cenderung lebih kental karena penggunaan santannya yang cukup banyak. Yang ini juga disesuaikan dengan selera lidah tempat makan tersebut berada, ya?

Kalau kamu, sudah pernah mencoba cita rasa asli masakan Padang di daerah asalnya, belum nih, Millens? (Idn/IB09/E05)