Mencicipi Bastani, Es Krim Lembut dari Iran Untukmu Berbuka Puasa

Mencicipi Bastani, Es Krim Lembut dari Iran Untukmu Berbuka Puasa
Bastani. (Shalizaar)

Selain faloodeh, Iran memiliki es krim lain yang segar untuk dinikmati saat berbuka puasa. Setelah seharian berpuasa, lidah perlu dimanjakan dengan bastani. Meski berbeda bahan dengan faloodeh, rasa bastani nggak kalah enak, lo.

Inibaru.id – Es krim telah dikenal di hampir seluruh penjuru dunia. Sebagai wilayah dengan cuaca yang panas, es krim pun berkembang di Timur Tengah, termasuk di Iran. Selain faloodeh, negara bekas Kekaisaran Persia ini memiliki es krim lain yang nggak kalah enak yakni bastani.

Pernah mencicipinya? Untuk buka puasa, rasanya terlalu sayang untuk melewatkan resep ini. Yuk, coba bikin!

Bahan:

  • 5 butir telur, ambil bagian kuningnya
  • 2/3 cangkir gula kastor
  • 1 cangkir susu cair
  • 1 cangkir krim
  • 2 sendok makan air mawar
  • 2 sendok makan kuma-kuma, larutkan
  • Kacang pistachio, cincang, sesuai selera

Cara membuat:

  1. Siapkan mangkok anti-panas sebagai wadah kuning telur dan gula. Letakkan mangkok di panci dengan air mendidih. Kocok kedua bahan tersebut hingga tercampur merata menggunakan mixer selama 5-8 menit. Pastikan warnanya menjadi pucat dan adonan mengental.
  2. Masukkan kuma-kuma dan air mawar ke dalam adonan, lalu aduk sampai dingin dan teksturnya mengeras. Jika teksturnya mulai mengeras, tuangkan krim dan kacang pistachio ke dalamnya, lalu aduk kembali sampai merata.
  3. Siapkan wadah kedap udara untuk menaruh bastani, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin. Tunggu hingga dingin dan sajikan bastani.

Proses bastani memang agak sulit, tapi kalau mau berlatih, kamu pasti bisa melakukannya. Selain menambah keterampilan mengolah makanan, kamu juga bisa lebih hemat dengan membuat stok dalam jumlah yang banyak.

Saat waktu berbuka puasa tiba nanti, jangan lupa bagikan pula pada kerabat ya. Siapa tahu, mereka doyan bastani buatanmu dan kamu malah berkesempatan bikin bisnis baru. Hm, ide yang bagus untuk mengumpulkan uang, kan? (IB15/E03)