Bakso Enak di Kota Bakso, Wonogiri

Bakso Enak di Kota Bakso, Wonogiri
Bakso Wonogiri, Jawa Tengah. (Wikipedia.org)

Jangan bingung mencari bakso enak di kota penghasil bakso, Wonogiri. Ada beberapa warung bakso yang legendaris dan tetap eksis hingga kini.

Inibaru.id – Ada satu anekdot di dunia kuliner yang mengatakan, mau berada di manapun di Indonesia, kalau kamu pengin mendirikan warung bakso, berilah embel-embel kata "wonogiri". Yap, laiknya Malang, kelezatan bakso Wonogiri memang terkenal hingga penjuru negeri.

Bakso Wonogiri memang khas. Berbeda dengan bakso Malang yang diisi aneka macam, bakso di kota penghasil kacang mede itu cukup sederhana hanya dengan mi, bola bakso, dan kuah. Namun, justru itulah menariknya. Di kota asalnya, kamu bisa dengan mudah menemukan sejumlah bakso legendarisnya. Hm, di mana saja?

Bakso Raksasa

Bakso Raksasa. (Hadisantoso.com)

Warung Bakso Raksasa berada di Jalan Raden Moh Said, Singodutan, Kecamatan Selogiri. Bakso di sini diminati banyak orang karena baksonya diracik dengan perpaduan isian daging iga yang gurih. Daging iganya nggak terlalu lembut dan mudah dipisahkan dari tulang. Hm, jadi ngiler ya, Millens!

Bakso dan Mie Ayam Gajah Mungkur

Warung Bakso dan Mie Ayam Gajah Mungkur. (pesonanegeri.com)

Warung Bakso dan Mie Ayam Gajah Mungkur ada di sekitar pasar kota Wonogiri, tepatnya di pojok kantor pegadaian. Bakso di sini terdiri atas empat pentol bakso halus dan satu pentol bakso kasar yang ukurannya cukup besar. Wow, membayangkan saja sudah bikin perut kukuruyuk!

Bakso Titoti

Bakso Titoti. (Tribunnews.com)

Selain di Wonogiri, bakso Titoti juga ada di Jakarta, Solo, dan Sragen. Bulatan bakso, baik yang halus maupun yang urat, terbuat dari 100 persen daging sapi, tanpa tambahan bahan lain. Nggak heran jika rasa bakso di sini gurih nggak tanggung-tanggung.

Saat berkunjung ke Bakso Titoti, kamu nggak hanya bisa memesan bakso tapi juga bisa merasakan enaknya mi ayam, siomay, ayam goreng, dan sop kaki sapi.

Bakso Pak Bagong

Bakso Pak Bagong. (instagram.com/fransiska_ayu_k)

Bakso Pak Bagong berlokasi nggak jauh dari Mie Ayam dan Bakso Gajah Mungkur, yaitu di sekitar Waduk Gajah Mungkur. Banyak orang ke sini untuk menikmati semangkuk bakso balungan yang sedap. Di sini, ada tulisan “Sepuluh kg daging sapi dengan campuran 0,5 kg tepung” yang pasti bisa membuat kamu terbayang enaknya rasa Bakso Pak Bagong.

Semua warung bakso tadi terbukti enak karena banyak pengunjungnya. Tapi, kembali lagi, urusan enak nggak enak, tetap lidah kamu sendiri yang menentukan ya, Millens. Ayo cicipi! (IB20/E03)