Bahan-Bahan Alami Ini Bisa Memperlancar ASI, Lo!

Bahan-Bahan Alami Ini Bisa Memperlancar ASI, Lo!
Ibu tengah menyusui. (Vemale.com)

Ibu menyusui terkadang menghadapi masalah ASI yang kurang lancar. Nah, berikut beebrapa bahan alami yang bisa memperlancar ASI.

Inibaru.id – Menyambut Pekan ASI Sedunia, para ibu menyusui diharapkan dapat memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya. Mereka diminta memberikan ASI eksklusif selama dua tahun pertama si anak. Namun, beberapa ibu terkendala dengan ASI yang nggak keluar dengan lancar.

Kalau kamu termasuk yang mengalaminya, bahan-bahan alami berikut bisa kamu konsumsi untuk memperlancar ASI.

  1. Kacang-Kacangan

https://www.healthline.com/assets/0x1528/hlcmsresource/images/four-bowls-of-beans-1296x728.jpg

Kacang-kacangan. (Healthline.com)

Selain enak dijadikan kudapan dan sayuran, kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang hijau, dan kacang merah juga bisa digunakan untuk memperlancar produksi ASI. Kacang almond mengandung asam lemak, vitamin, mineral, dan protein. Sementara itu, kacang hijau mengandung vitamin B1, protein, fosfor, dan asam folat. Selain memperlancar produksi ASI, ketiga kacang tersebut juga berperan dalam perkembangan otak bayi, Millens.

  1. Semangka

http://static.stheadline.com/stheadline/inewsmedia/20180417/_2018041715565814563.jpg

Semangka banyak mengandung kalium dan asam folat. (Static.stheadline.com)

Siapa yang nggak suka buah dengan kadar air yang tinggi ini? Kandungan vitamin A dan C dalam semangka berguna untuk program diet dan detoks tubuh. Selain itu, semangka juga mengandung kalium dan asam folat. Kedua kandungan itu mencukupi asupan gizi dalam ASI yang dibutuhkan buah hatimu.

  1. Labu Siam

 https://s3.bukalapak.com/img/3833710862/w-1000/Labu_siam.jpeg

Labu siam. (Bukalapak.com)

Buah berwarna hijau ini sering digunakan sebagai campuran sayur bening, lalapan, hingga kolak. Karena mengandung vitamin A, C, E, B6, magnesium, dan kalium, labu menjadi salah satu sayuran yang sering direkomendasikan ahli medis untuk para ibu menyusui.

  1. Jambu Air

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTDktQZg6rs8spSoPfjgueEkPKITMAGBqpKOXR5bsCdT7mMndtG

Jambu air. (Khasiat.co.id)

Selain bisa menetralisir rasa tertekan pada ibu pasca melahirkan, jambu air juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, Millens. Buah berwarna merah ini bisa membuat buah hatimu tahan terhadap infeksi, lo. Ini karena jambu air banyak mengandung vitamin A, C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Jadi, dengan mengonsumsinya, bayimu akan mendapatkan asupan gizi yang baik.

Nah, sudah tahu, kan? Kalau begitu, para ibu menyusui buruan ajak suami ke pasar terdekat dan borong semua bahan tadi ya. He-he. (IB15/E04)