Atur Kalori dan Turunkan Kolesterol dengan Empat Camilan Rebusan Ini, yuk!

Atur Kalori dan Turunkan Kolesterol dengan Empat Camilan Rebusan Ini, yuk!
Jagung. (marthastewart.com)

Sedang dalam misi mendapatkan tubuh yang ideal? Kalau iya, sebaiknya ganti kebiasaan ngemil gorengan dan beralihlah pada camilan yang bisa direbus. Meski makanan yang direbus identik dengan rasa yang minim, bukan berarti nggak ada yang enak, lo. Kulik dulu, yuk, bahan makanan apa saja yang enak meski direbus.

Inibaru.id – Kalau kamu sedang diet atau bermaksud mengurangi kolesterol, bahan makanan yang direbus memang menjadi sahabat terbaik untuk memuluskan rencanamu. Meski makanan yang direbus kerap dianggap kurang rasa, ini bukan berarti nggak ada camilan yang enak, lo. Dengan empat bahan makanan ini, kamu bisa mencapai berat badan ideal, kok.

Jagung

http://believeinbristol.org/uploads/images/201808011639484623.jpg

Jagung sebagai karbohidrat kompleks. (believeinbristol.org)

Nasi dari beras putih mengandung kadar gula yang tinggi, nggak heran kalau nasi kurang sip jika dikonsumsi berlebihan. Untuk menyiasati konsumsi karbohidrat, kamu bisa menggantinya dengan jagung rebus. Kalori dalam jagung rebus hanya 35 Kkal, ini otomatis bisa bikin kamu kenyang tanpa menggendut.

Ubi

https://snaped.fns.usda.gov/sites/default/files/styles/crop_ratio_7_5/public/seasonal-produce/2018-05/sweet%20potato.jpg?itok=8Halcr-u

Ubi. (snaped.fns.usda.gov)

Selain jagung, ubi bisa menjadi alternatif pengganti nasi. 100 gram ubi jalar mengandung 100 kkal, jadi makanan ini juga pas untuk menemani dietmu. Rasanya manis dan mengandung serat yang tinggi. Cucok, deh!

Kacang Tanah

http://kwotable.com/wp-content/uploads/2017/04/IMG_5757.jpg

Kacang tanah. (kwotable.com)

Kacang tanah mengandung kalori yang rendah, yakni 220 kkal per 100 gram. Kalau kamu lebih doyan kacang garing, ini saatnya kamu mengubah cara pengolahannya dengan direbus. Dengan menyantap kacang tanah rebus, kamu juga bisa mengontrol gula darah agar tetap stabil.

Singkong

https://cdn1.medicalnewstoday.com/content/images/articles/323/323756/cassava-root-and-powder-in-a-bowl-on-wooden-table.jpg

Singkong. (medicalnewstoday.com)

Selain ubi, umbi lain yang bisa kamu coba adalah singkong rebus. Kalau kamu nggak bisa menyantapnya karena terlalu hambar, nggak ada salahnya menambahkan sedikit garam. Oya, nggak usah khawatir, kadar kalori dalam singkong rendah, kok. Dalam 100 gram singkong rebus, terdapat 153 kkal. Angka yang jelas membantu dietmu, kan?

Supaya tetap mendapatkan tubuh yang sehat, kamu sebaiknya nggak lupa mengonsumsi sayuran sebagai penyeimbang gizi. Dan ingat, meski mengandung kalori yang rendah, jangan berlebihan dalam mengonsumsi bahan makanan itu ya, Millens. (IB15/E05)