Atasi Cemas dengan Konsumsi Makanan-Makanan Ini, yuk!

Atasi Cemas dengan Konsumsi Makanan-Makanan Ini, yuk!
Makanan yang tepat bisa menghindarkan seseorang dari kecemasan. (eatthis.com)

Kamu orang yang gampang cemas? Untuk meminimalisasinya, kamu bisa mulai mengonsumsi pelbagai nutrisi berikut ini.

Inibaru.id – Sering mengalami kecemasan? Kalau iya, nggak ada salahnya untuk mulai memperhatikan makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Jika kamu termasuk orang yang gampang cemas, kecemasan ini bisa diatasi dengan memilih makanan dengan kandungan tertentu, lo. Apa saja kandungan yang harus kamu perhatikan dalam memilih makanan? Cek di bawah ini, yuk!

Probiotik

https://downshiftology.com/wp-content/uploads/2018/09/how-to-make-almond-milk-17.jpg

Susu mengandung probiotik. (downshiftology.com/)

Acar dan susu fermentasi adalah contoh makanan yang mengandung probiotik. Probiotik sendiri berfungsi sebagai penjaga keseimbangan dalam usus sekaligus meredukasi kortisol. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan saat tubuh sedang stres atau dalam keadaan tertekan. Selain acar dan susu, probiotik juga banyak terkandung dalam pisang dan kedelai.

Vitamin C

https://www.almanac.com/sites/default/files/styles/primary_image_in_article/public/image_nodes/strawberries-1.jpg?itok=M1rx-t2P

Vitamin C bisa ditemukan di stroberi. (almanac.com)

Kecemasan bisa pula dicegah dengan vitamin C. Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman, vitamin C terbukti mampu meredakan stres pada seribu pelajar. Nggak hanya jeruk yang mengandung vitamin ini. Buah seperti stroberi, kiwi, dan brokoli juga kaya akan vitamin C.

Kalsium

https://cdn.shopify.com/s/files/1/0150/0232/products/Pearl_Valley_Extra_Sharp_White_Cheddar_large.jpg?v=1521490296

Keju. (shopify.com)

Nutrisi lain yang nggak kalah pentingnya untuk mencegah kecemasan adalah kalsium. Kurang kalsium ternyata membuat orang rentan terkena depresi, lo. Untuk mendapatkan nutrisi satu ini, sebaiknya rutinlah mengonsumsi susu, keju, dan sayuran hijau.

Kecemasan memang nggak disebabkan dari kurangnya konsumsi nutrisi tertentu saja, tapi juga dari faktor-faktor eksternal. Kalau kamu merasa kecemasan ini nggak bisa lagi kamu atasi, nggak ada salahnya meminta bantuan tenaga medis, kok. Semakin cepat kamu mendapatkan penanganan yang tepat, semakin terhindar pula kamu dari risiko yang lebih besar. Jadi, jangan sungkan atau takut meminta bantuan, ya. (IB15/E05)