Asal Mula Nasi Goreng yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Masyarakat Indonesia tentu sudah sangat akrab dengan nasi goreng. Salah satu makanan ini sangat laris-manis dijajakan di malam hari.

Asal Mula Nasi Goreng yang Tidak Diketahui Banyak Orang
Nasi goreng. (Foto: The Little Green Spoon)

Inibaru.id - Tak terhitung jumlah penjual nasi goreng di warung tenda pinggir jalan atau bahkan yang menggunakan gerobak dorong. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, nasi goreng yang hangat termasuk dalam makanan dengan harga yang merakyat sehingga bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

Meskipun kerap dianggap sebagai salah satu makanan khas tanah air, dalam realitanya nasi goreng ini bukanlah asli dari Indonesia, melainkan dari Negeri Tirai Bambu China. Bahkan, sejarah mencatat bahwa nasi goreng sudah ada sejak 4.000 tahun sebelum masehi.

Ada dua teori yang menyebutkan asal muasal ditemukannya nasi goreng di China. Teori pertama menyebutkan bahwa masyarakat China yang memang menggunakan nasi sebagai makanan pokok merasa sayang saat melihat nasi sisa. Agar tidak mubazir, mereka pun menggoreng kembali nasi sisa yang ada dan ditambahi dengan berbagai bumbu dan isian layaknya sayur hingga daging sehingga rasanya menjadi lebih enak.

Baca juga:
Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Sudah Terkenal Sejak Jaman Penjajahan!
Salad Asli Indonesia yang Cocok buat Diet

Teori lainnya menyebutkan bahwa masyarakat China tidak begitu suka dengan makanan yang terasa dingin, termasuk nasi dingin. Untuk mengakalinya, mereka pun kemudian memasak kembali nasi yang sudah dingin tersebut. Agar rasanya menjadi lebih nikmat, mereka pun kemudian menambahkan beberapa bumbu-bumbu dan bahan makanan lainnya. Karena terasa enak, resep nasi goreng ini pun kemudian tersebar dari mulut ke mulut dan akhirnya dikenal luas di China.

Merantau

Lantas, bagaimana cara nasi goreng yang berasal dari China ini bisa sampai ke Indonesia? Hal ini disebabkan oleh kebiasaan Masyarakat Tionghoa untuk merantau ke tempat yang jauh, termasuk ke Indonesia. Sejarah mencatat bahwa pada abad ke 10, masyarakat Tionghoa mulai masuk ke berbagai pulau di Indonesia. Di tempat-tempat baru di Indonesia inilah mereka mulai memperkenalkan nasi goreng ini pada masyarakat sekitar.

Baca juga:
Asli Indonesia, Kuliner Daerah ‘Nyeleneh’ Bikin Melongo
Masakan Indonesia Jadi Primadona Dalam Festival di Slovakia

Hanya saja, saat memasaknya, bumbu-bumbu yang dimasak biasanya disesuaikan dengan apa yang tersedia pada daerah tersebut. Karena alasan inilah kita bisa menemukan berbagai jenis nasi goreng dari daerah-daerah yang berbeda di tanah air dengan cita-rasa yang berbeda-beda pula.

Banyak orang yang menganggap nasi goreng sebagai masakan khas Indonesia, padahal, makanan yang berawal dari China ini juga banyak tersedia dalam berbagai macam jenis di berbagai negara. Sebagai contoh, selain Indonesia, negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga sudah sangat akrab dengan makanan yang hangat dan enak ini.

Selain itu, di Negeri China sendiri ada nasi goreng yang terkenal seperti nasi goreng Fukien yang bisa ditemukan di wilayah Fujian, atau nasi goreng Yangchow yang berasal dari wilayah Yangzhou. (AW/IB)