Sama-Sama Tipis, Begini Beda Bihun, Sohun, dan Misoa

Sama-Sama Tipis, Begini Beda Bihun, Sohun, dan Misoa
Salah satu olahan bihun goreng. (Primarasa)

Bila dilihat secara sekilas, bihun, sohun, dan misoa tampak sama. Namun, jika kamu teliti, ketiga mi tipis ini bisa dibedakan, Millens.

Inibaru.id – Sejumlah orang terkadang masih salah membedakan antara bihun, sohun, dan misoa. Ketiga mi khas Tiongkok itu memang tampak sama karena bentuknya sama-sama bening dan tipis. Namun, bila kamu mau mencermati lagi, perbedaan ketiganya cukup gamblang, kok.

Foody.id (26/1/2017) menulis, perbedaan ketiganya berupa warna, tekstur, hingga bahan pembuatan, Millens.

Bihun

Bihun rupanya memiliki beberapa nama lain yang cukup keren, lo. Mulai rice vermicelli, rice noodle, hingga rice sticks adalah panggilan lain dari bahan makanan yang dibuat dari tepung beras ini. Bihun berwarna cerah tapi warna bihun masih lebih kusam dibandingkan dengan sohun.

Tekstur bihun juga cenderung lebih rapuh dan mudah ptuus dibandingkan dengan sohun, apalagi setelah dimasak. Bahan makanan yang biasa dijadikan bihun goreng ini bisa diolah dengan mudah, yakni dengan merendamnya di dalam air panas selama 5-7 menit atau merebusnya selama 1 menit saja.

Sohun

Sebagaimana bihun, sohun juga memiliki panggilan keren lainnya, yakni glass noodle atau mung bean noodle. Bahan utama dari sohun adalah pati kacang hijau, pati kentang, ubi, dan singkong. Sohun cenderung memiliki warna yang transparan, bertekstur kuat dan liat saat masih kering tapi saat sudah dimasak lebih licin dan mudah putus.

Untuk mengolah soun, kamu hanya perlu merendamnya di alam air panas selama 5 hingga 15 menit. Namun, sohun memiliki rasa yang cenderung tawar sehingga sebaiknya dijadikan isian atau campuran bahan makanan lain seperti sup, bakso, tekwan, soto, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengolah sohun dengan cara menggorengnnya, Millens.

Misoa

Berbeda dengan bihun dan sohun, misoa memiliki warna yang cenderung putih. Bahan pembuat misoa adalah tepung terigu dengan tekstur yang lebih tipis dan lembut. Untuk mengolahnya, kamu hanya perlu merendamnya di dalam air panas sebentar saja. Kamu juga bisa merebusnya atau menjadikannya isian sup. Misoa nikmat pula bila digoreng.

Gimana, sudah nggak bingung membedakan ketiganya kan? (IB09/E04)